Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pakai Masker Dan Booster, Mudik Lancar Keluarga Aman

Jumat, 22 April 2022 07:05 WIB
Mudik lebaran. Calon penumpang bersiap naik ke dalam bus untuk menuju kampung halamannya di Terminal Poris Plawad, Tangerang, Banten, Rabu (13/4/2022). (Foto: RANDY TRI KURNIAWAN / RM)
Mudik lebaran. Calon penumpang bersiap naik ke dalam bus untuk menuju kampung halamannya di Terminal Poris Plawad, Tangerang, Banten, Rabu (13/4/2022). (Foto: RANDY TRI KURNIAWAN / RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski sudah dilengkapi dengan vaksin booster, protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker wajib dilakukan oleh para pemudik. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk pencegahan transmisi atau penyebaran Covid-19.

Direktorat Promosi Kesehan dan Pemberdayaan Masyarakat (dit.promkes) mengunggah meme beberapa orang yang akan mudik ke kampung halaman dengan membawa barang bawaan. Selain itu, juga terdapat seorang vaksinator sedang menyuntik vaksin Covid-19 kepada seseorang.

“Buat yang lagi pada siap-siap mudik, ayo segera dapatkan vaksinasi booster, dan jangan lupa selalu pakai masker. Karena mudik paling bener, ya booster plus masker,” ujar dit. promkes.

Akun @Ksopmarunda mengajak masyarakat yang ingin asyik saat mudik melengkapi vaksin dosis 1, 2 dan booster. Mudik jadi lancar dan tetap sehat kumpul keluarganya. “Tapi ingat, tetap pakai masker yah,” imbau dia.

Baca juga : Tinjau Pelaksanaan 1 Juta Vaksinasi Booster, Kapolri Bicara Mudik Sehat Dan Nyaman

Akun @UjangJunior mengatakan, sekalipun sudah melakukan vaksinasi, bagi pemudik tetap harus patuhi protokol kesehatan. yaitu, menggunakan masker, menjaga jarak agar terhindar dari paparan Covid-19. “ayo, patuhi prokes saat mudik. Pastikan anda sudah divaksin dan tetap gunakan masker ya,” ajak @juvitads.

Menurut @ManoharaSekar, mudik Lebaran tahun ini akan aman dan menyenangkan apabila masyarakat sudah vaksin minimal dua kali dan booster. untuk lebih menyenangkan lagi, tetap disiplin prokes saat mudik.

“Jaga prokes dengan pakai masker, vaksinasi dan booster di posko-posko yang telah disediakan. Melalui langkah tersebut maka mudik aman, mudik sehat tercapai,” ujar @ kopipolitik1.

Akun @awanmalangit mengingatkan masyarakat selalu membawa masker cadangan buat ganti selama dalam perjalanan mudik. Termasuk juga hand sanitizer untuk selalu menjaga kebersihan tangan selama di perjalanan.

Baca juga : Gandeng Kostrad, NOC Indonesia Gelar Vaksinasi Dan Booster Untuk Altet Dan Warga Sekitar

“Lebaran sebentar lagi. asyiknya karena tahun ini sudah boleh mudik, meski masih ada catatan yang harus dipatuhi bersama,” ujar @ Miratiprimasari.

Menurut @B4ssista, bila semua pemudik sudah vaksin dan taat prokes, perjalanan mudik akan aman dan nyaman. dia pun mengimbau para pemudik yang menggunakan transportasi umum untuk tidak melepas masker selama di perjalanan.

“Semoga kita dapat terus konsisten menerapkan protokol kesehatan sampai kondisi kasus Covid-19 di Indonesia benar-benar terkendali,” harap @Miratiprimasari.

Sementara, @Ovianty674 mengenang kejadian Lebaran tahun lalu. Saat itu, banyak masyarakat yang tidak memakai masker dan pemudiknya membludak. “akhirnya, kasus Covid-19 naik lagi. yassalam sedihnya,” kata dia.

Baca juga : Semoga Mudiknya Lancar Ya

Akun @Filava berklakar. dia membolehkan masyarakat lepas masker. “Masyarakat boleh lepas masker tapi jangan mudik,” ujarnya. akun @band_sehat menegaskan kembali.

Kata dia, mudik paling benar adalah sudah vaksin booster dan memakai masker. “Ketemu sedulur bisa angler (nyaman),” kata dia. “Tetep harus jaga prokes, jaga jarak, dan pakai masker yang bener. Kalau bisa nggak usah mudik biar nggak terjadi penyebaran Covid-19,” tambah @ranggasetyo. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.