Dark/Light Mode

Pimpin Apel Operasi Ketupat 2022

Wagub Andika Ingatkan Titah Kapolri, Ini Isinya

Sabtu, 23 April 2022 07:59 WIB
Wakil Gubernur (Wagub)  Banten Andika Hazrumy (paling depan), saat memberikan keterangan pers, di  Markas Polda Banten, Serang,  Banten, Jumat (22/4).
Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy (paling depan), saat memberikan keterangan pers, di Markas Polda Banten, Serang, Banten, Jumat (22/4).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2022 yang digelar Polda Banten di Markas Polda Banten, Kota Serang, Jumat (22/4). Hadir di apel ini, tuan rumah Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, jajaran Pimpinan Daerah Provinsi Banten, dan seluruh kesatuan Polri di Polda Banten.

Pada momen ini, Andika menyampaikan poin-poin penting titah Kapolri Jenderal Pol Sigit Listyo terkait mudik Lebaran. 

Baca juga : Komunitas Perempuan Level Up Beri Penghargaan 10 Kartini Masa Kini

 “Sebagaimana amanat Pak Kapolri. Pemerintah ingin mudik lancar tapi Covid-19 tetap terkendali,” kata Andika saat memberikan keterangan pers usai memimpin apel.

Di dalam apel, Andika merincikan amanat Kapolri. Dipaparkannya, Kapolri bilang  Idul Fitri tahun 2022 berbeda dengan tahun 2021. Untuk tahun ini, Pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat berkumpul bersama keluarga.

Baca juga : Pimpin Rapat Paripurna Pengesahan RUU TPKS, Puan: Ini Momen Bersejarah

“Kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur mudik. Namun masyarakat harus waspada, tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), " ungkapnya.

Disampaikan Andika, Kapolri juga meminta jajarannya bersama-sama dengan stakeholder penanganan pandemi Covid-19 lainnya untuk mencegah masyarakat terpapar Covid-19. Caranya antara lain, terus menggelar kegiatan vaksinasi untuk mengejar target pada 30 April mendatang khusus wilayah Jawa dan Bali mencapai 100 persen dosis 2, booster 30 persen dan vaksinasi lansia 70 persen. Terkait Operasi Ketupat, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho menerangkan, Operasi Ketupat akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai 28 April sampai dengan 9 Mei. Fokus pengamanan jajarannya yakni masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara. “Nanti Polri akan dibantu Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya,” rinci Kapolda. Sebelum pelaksanaan Operasi Ketupat, lanjutnya, Polri terus melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan dalam rangka cipta kondisi jelang Operasi Ketupat dengan sasaran distribusi sembako dan memberantas penyakit masyarakat seperti miras, judi, prostitusi, dan narkoba. Kapolda memastikan, pihaknya akan melaksanakan penjagaan dan pengamanan salat Idul Fitri, mengawasi persyaratan perjalanan mudik pada berbagai moda transportasi, dan mendorong penerapan Prokes. SRF

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.