Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kelancaran Mudik Di Jalan Tol

Minggu, 24 April 2022 08:15 WIB
Aturan ganjil genap mudik Lebaran 2022. (Grafis: Kominfo)
Aturan ganjil genap mudik Lebaran 2022. (Grafis: Kominfo)

 Sebelumnya 
Imbauan Bagi Pemudik
Dalam hal kesiapan, (1) mematuhi persyaratan perjalanan sesuai dengan SE Menteri Perhubungan Nomor 38 Tahun 2022, berupa vaksinasi booster. Dianjurkan untuk vaksinasi 14 hari sebelum perjalanan. (2) memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, (3) mempersiapkan perbekalan selama perjalanan (makanan, minuman, serta peralatan ibadah), (4) memastikan kecukupan BBM, (4) melakukan pengecekan tarif tol serta kecukupan saldo uang elektronik, dan (5) update lokasi posko layanan Kesehatan yang tersedia di rest area.

Pemilihan dan waktu perjalanan, diupayakan (1) menghindari perjalanan di waktu puncak arus mudik dan arus balik, (2) hindari perjalanan di waktu favorit, seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa, (3) cek waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas dari kepolisian, (4) update selalu informasi lalu lintas melalui channel resmi Jasa Marga, seperti Aplikasi Travoy, Twitter, Call Center 14080.

Baca juga : IHRC Gelar Pacuan Piala Pertiwi Di Tegal Waton

Aturan selama perjalanan, (1) agar selalu mengikuti rambu dan arahan petugas di lapangan, (2) disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol serta tidak berhenti di bahu jalan, kecuali darurat, (3) dalam kondisi darurat dapat menghubungi Call Center 14080, (4) dianjurkan untuk menggunakan fasilitas top up di Rest Area, serta menghindari top up di gerbang tol.

Sejumlah rest area yang terbangun di sepanjang jalan tol tidak akan mampu menerima semua pengguna jalan tol untuk beristirahat. Pilihannya adalah harus mengantre masuk rest area di jalan tol atau mencari rest area di luar jalan tol. Sejumlah aturan yang harus dipatuhi selama di rest area di jalan tol, seperti tidak berlama-lama di rest area, maksimal 30 menit, dianjurkan untuk take away makanan, selalu menerapkan Protokol Kesehatan selama berada di rest area, menjaga kebersihan rest area, apabila rest area penuh, agar menggunakan rest area di lokasi berikutnya, dan manfaatkan posko pelayanan kesehatan di rest area apabila memerlukan pengecekan kesehatan.

Baca juga : Djoker Kejar Hoki Di Turnamen Beograd

Yang harus diperhatikan selama berada di jalan tol adalah jangan sekali kali beristirahat menggunakan bahu jalan tol. Karena keberadaan bahu jalan tol untuk keadaan darurat. Ada juga kebiasaan memilih beristirahat di bahu jalan yang berada di bawah jembatan yang melintas di jalan tol, merasa teduh dan tidak kepanasan.

Petugas mobil patroli jalan tol jangan membiarkan jika menemukan sejumlah kendaraan beristirahat di bahu jalan. Segeralah meminta untuk melanjutkan perjalanan atau keluar jalan tol terdekat untuk mencari tempat istirahat yang lebih aman. Ke depan, pembenahan penataan di sejumlah rest area harus dilakukan supaya rest area bukan lagi sebagai salah satu penyebab kemacetan dengan antrian masuk yang cukup panjang.***

Baca juga : Digaspoll, IKN Semakin Poll

Penulis: Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.