Dark/Light Mode

Kepala BIN Senang 99,2 Persen Masyarakat Sudah Miliki Antibodi

Mudik Mendekat, Corona Minggat

Senin, 25 April 2022 07:59 WIB
Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan. (Foto: Antara)
Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alhamdulillah, mendekati Lebaran yang sudah di depan mata, penanganan Covid-19 semakin membaik. Selain laju penularan yang terus terkendali, 99,2 persen masyarakat sudah memiliki antibodi Covid-19. Kita layak gembira membaca kabar ini, tapi tetap jangan euforia.

Pemerintah mengeluarkan data terbaru pengendalian pandemi yang semakin menggembirakan: 99,2 persen masyarakat telah memiliki kekebalan atau antibodi Covid-19. Angka ini diperoleh dari sero survei (penelitian antibodi tubuh terhadap virus) yang dilakukan Kementerian Kesehatan bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) pada Maret 2022.

Baca juga : Pemerintah Imbau Masyarakat Tak Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Angka ini naik dibanding sero survei Desember 2021, yakni 88,6 persen. Dan, tak hanya kuantitas, kualitas kekebalannya pun meningkat. “Ordenya sudah di angka ribuan, sekitar 7.000-8.000. Ini menunjukkan, bukan hanya banyak masyarakat sudah memiliki antibodi, tapi juga kadar antibodinya tinggi,” papar Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, di laman Sekretariat Kabinet, Senin (18/4). Dengan orde antibodi setinggi itu, tubuh bisa segera mengatasi infeksi Covid-19, sehingga gejala yang ditimbulkannya berkurang.

Temuan menggembirakan ini, menurut Kepala Badan Intelijen Negara (KABIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, merupakan hasil kerja keras para petugas vaksinasi dan kerja sama masyarakat. “Kita harus berterima kasih kepada semua petugas beserta semua elemen di lapangan, terutama masyarakat, yang telah mengambil bagian dalam program vaksinasi yang digencarkan Pemerintah,” kata Budi Gunawan, kemarin.

Baca juga : Mas Menteri Ajak Masyarakat Ikuti Beasiswa Pendidikan Indonesia

Hasil ini, lanjut Budi Gunawan, bisa menjelaskan sikap tegas Presiden Jokowi selama ini dalam hal vaksinasi. Tanpa ragu, Presiden menginstruksikan pelibatan semua komponen Bangsa; termasuk TNI, Polri, serta BIN, untuk mengakselerasi vaksinasi ke semua pelosok negeri.

Budi Gunawan melanjutkan, ini keputusan strategis yang diambil Presiden, berdasarkan berbagai kajian ilmiah, serta pemahaman kondisi Poleksosbudhankam yang baik. Bahwa, kunci melawan pandemi adalah kekebalan komunal. Kekebalan komunal hanya bisa dicapai bila angka vaksinasi tinggi dan merata. Dan ini berarti: bagaimana mengakselerasi vaksinasi yang massif dan tanpa henti di tengah masyarakat yang sangat dinamis dan heterogen, serta tanpa keharusan lockdown total. 

Baca juga : Mudik Gerakkan Ekonomi Rakyat

"Di situlah sinergi berbagai komponen Bangsa dibutuhkan,” jelas Budi Gunawan, sang penggagas metode vaksinasi jemput bola atau door to door yang dijalankan jajaran BIN dari pusat dan di daerah-daerah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.