Dark/Light Mode

Ditangkap KPK, Bupati Bogor Ade Yasin Punya Harta Rp 4,1 M, Utangnya Rp 140 Juta

Rabu, 27 April 2022 11:09 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin. (Foto: Ist)
Bupati Bogor Ade Yasin. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Bogor Ade Yasin, pihak dari perwakilan BPK Jawa Barat, serta pihak lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT), Selasa (26/4) malam. Ade Yasin dan sejumlah pihak itu ditangkap lantaran diduga terlibat dalam transaksi suap.

Lantas berapa harta kekayaan adik mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin itu? Ade Yasin terakhir kali melaporkan harta kekayaannya ke KPK pada 31 Maret 2021 untuk laporan periodik 2020. Dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) tersebut, Ade Yasin mengaku memiliki harta Rp 4,1 miliar. 

Baca juga : Tangkap Ade Yasin, KPK Sita Sejumlah Uang

Berdasarkan LHKPN yang diakses melalui elhkpn.kpk.go.id, Rabu (27/4), harta Ade Yasin didominasi aset berupa tanah dan bangunan.

Politisi PPP itu tercatat memiliki satu bidang tanah dan bangunan di Bogor dengan luas 574 meter persegi/ 313 meter persegi dengan nilai Rp 1,6 miliar.

Baca juga : Ditangkap KPK, Bupati Bogor Ade Yasin Diduga Terima Suap

Selain itu, Ade Yasin juga memiliki dua bidang tanah di Bogor dengan seluas 340 meter persegi senilai Rp 505 juta dan seluas 1.590 meter persegi senilai Rp 135 juta. Jadi total, harta Ade Yasin berupa tanah dan bangunan nilainya sebesar Rp 2,29 miliar. 

Selain tanah dan bangunan, Ade Yasin juga memiliki satu unit mobil Mitsubishi Xpander senilai Rp 200 juta dan satu unit mobil BMW 320 senilai Rp 435 juta.

Baca juga : Jadi Tersangka KPK, Eks Bupati Tabanan Ni Putu Eka Punya Harta Rp 15,8 M

Ade Yasin juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 600 juta dan harta berupa kas dan setara kas senilai Rp 726,7 juta. Dengan demikian, total harta Ade Yasin sebesar Rp 4,25 miliar.

Namun, dalam LHKPN tersebut, Ade Yasin tercatat memiliki utang sebesar Rp 140 juta. Setelah dikurangi utang, harta Ade Yasin jadi Rp 4,1 miliar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.