Dark/Light Mode

Hima Persis Apresiasi Mudik Kembali Dibuka Dan Imbau Masyarakat Selalu Tertib

Sabtu, 30 April 2022 05:27 WIB
Ucapan selamat mudik Lebaran 2022 PP Hima Persis (Foto: Hima Persis)
Ucapan selamat mudik Lebaran 2022 PP Hima Persis (Foto: Hima Persis)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19, tahun ini mudik Lebaran kembali dibuka. Menurunnya kasus aktif Covid-19 dan tingginya tingkat vaksinasi di tengah-tengah masyarakat menjadi salah satu pertimbangan dibukanya kembali pintu mudik tahun ini.

Melihat hal ini, Ketua Umum PP Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) Ilham Nurhidayatullah turut berbahagia. Ilham mengucapkan syukur atas membaiknya kondisi kesehatan masyarakat sehingga dibukanya kembali pintu mudik setelah dua tahun ditutup.

Sebagai sebuah himpunan mahasiswa, Kader Hima Persis terut terlibat dalam kegiatan mudik kali ini. "Sebagian besar kader kamk adalah mahasiwa rantau," ujar Ilham, Sabtu (30/4).

Baca juga : Lepas Mudik Gratis Polri, Kapolri: Bantu Masyarakat Dan Kurangi Beban Jalan

Selanjutnya, Hima Persis mengimbau kepada seluruh kader yang akan melaksanakan mudik tahun ini agar mengawalinya dengan persiapan fisik dan mental, juga doa terbaik. Kemudian, seluruh pemudik juga diimbau agar mematuhi aturan-aturan terkait mudik Lebaran tahun 2022, begitu juga dengan prokes terkait Covid-19.

"Kita mengimbau agar selalu dimulai dengan doa, (tetap waspada) hati-hati di jalan (agar) selamat sampai tujuan, (serta) pulang dengan suka cita. Mengikuti rambu-rambu dan ketentuan dari Pemerintah juga tetap (mematuhi) prokes (kesehatan Covid-19)," ucap Ilham.

Selanjutnya, Hima Persis mengapresiasi program mudik gratis yang diinisiasi berbagai lembaga dan kelompok masyarakat. Salah satunya ialah mudik gratis Polri yang diinisisasi Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga : Rilis Produk Berbasis Proteksi, IFG Life Ingin Kembalikan Marwah Asuransi

"Kita juga mengapresiasi program mudik Kapolri ini. Selain dapat mengurangi kepadatan arus mudik serta menghindari kecelakaan, program ini juga cukup membantu rekan-rekan mahasiswa yang kesulitan ekonomi akibat pandemi untuk dapat balik kampung," sebut Ilham.

Salah satu tujuan mudik gratis ini adalah untuk mengurangi beban kendaraan pribadi di jalan. Sehingga, hal ini dapat mengurangi angka kecelakaan dan tingkat kemacatan yang hampir selalu menjadi fenomena rutin mudik Lebaran. "Prediksi arus mudik tahun ini memang dilihat ada peningkatan, khususnya dibanding 2020 dan 2021," kata Listyo Sigit saat melepas mudik gratis, Jumat siang (29/4).

Untuk mengurangi angka kecelakaan serta kepadatan arus mudik Lebaran, Kapolri telah mengimbau agar masyarakat memilih mudik jauh-jauh hari. "Terima kasih kepada masyarakat yang mudik lebih dahulu memang sudah ada pergerakan masyarakat dari H-10," ungkapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.