Dark/Light Mode

Mau Ketemu Tiga Menteri

Gubernur Sumbar Percepat Realisasi Penerbangan Internasional Dari BIM

Rabu, 4 Mei 2022 18:24 WIB
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. (Foto Ist)
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. (Foto Ist)

 Sebelumnya 
Agustus dan September nanti akan banyak wisatawan mancanegara yang ingin datang ke Sumbar. Ini langkah awal yang baik mendorong pariwisata Sumbar. Sekaligus menentukan langkah strategis dan evaluasi menyambut Visit Beautiful West Sumatera 2023.

Liburan Idul Fitri ini sebagai ajang evaluasi yang pertama, dan akhir tahun adalah evalusasi yang kedua," sambungnya.

Baca juga : Bandara Lombok Kembali Layani Penerbangan Rute Internasional Kuala Lumpur - Lombok

Menegaskan hal tersebut, Agus Subagyo mengatakan, BIM dan maskapai sudah sangat siap, tinggal hanya menunggu izin pintu masuknya saja. Bahkan pihak manajemen Air Asia, menurut Agus, bersedia mendampingi Gubernur menghadap Menteri terkait.

Agus menekankan, pada prinsipnya Kementerian Perhubungan setuju tentang rencana pembukaan kembali rute penerbangan Padang-Kuala Lumpur (PP), mengingat potensi pasarnya besar.

Baca juga : Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Layani Penerbangan Rute Internasional Reguler

"Namun soal regulasi pintu masuk bandara, diperlukan izin. Saat ini di Sumatera hanya ada di Medan dan Batam untuk jalur laut. Karena itu Sumbar sangat potensial," jelas Agus.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda menyebut, 6 alasan kenapa Pemerintah Pusat mempercepat perizinan pembukaan rute penerbangan internasional di Sumbar.

Baca juga : Pemuda Adat Papua Minta Pemerintah Percepat Pemekaran Daerah

Pertama, kasus Covid-19 yang semakin melandai, capaian vaksinasi Sumbar yang tinggi, kemudian sudah adanya permintaan khusus tentang hal tersebut. Adanya pencanangan Visit Beautiful West Sumatera 2023. Tingginya permintaan dari tour operator untuk pernerbangan dari Kuala Lumpur-Padang dan sebaliknya. Terakhir, adanya keiginan kembali dari maskapai Air Asia beroperasi di Padang.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.