Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kowani Ajak Perempuan Berperan Dalam Pembangunan Industri Pariwisata

Sabtu, 23 April 2022 08:14 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi dan Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo pada acara webinar Peran Wanita dalam Industri Wisata di Masa Depan. (Foto: ist)
Menhub Budi Karya Sumadi dan Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo pada acara webinar Peran Wanita dalam Industri Wisata di Masa Depan. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bagian dari masyarakat yang merupakan sumber daya potensial, perempuan berperan penting untuk menjamin keberlanjutan pembangunan. 

Menurut Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan, perempuan harus menjalankan peran nyata sebagai Ibu Bangsa, yakni amanah dari Founding Mother yang diberikan kepada Kowani sejak tahun 1935 Sebelum kemerdekaan. 

“Hal ini dikuatkan oleh Presiden kita, Joko Widodo yang mengatakan bahwa perempuan adalah Ibu Bangsa yang menjaga alam untuk anak cucunya, yang mampu menggerakkan ekonomi keluarga dan masyarakat,” ujar Giwo saat membuka webinar Peran Wanita dalam Industri Wisata di Masa Depan.

Pada acara itu hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pariwisat dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga : Pengantin AS Campurin Ganja Dalam Hidangan Resepsi

 Menurut Giwo, sudah seharusnya kita memulai kembali meningkatkan sektor pariwisata yang selama dua tahun terakhir sangat menurun karena dampak pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri kita sampai sekarang. 

Sektor pariwisata telah terbukti memberikan kontribusi nyata terhadap negara serta masyarakat, yakni lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja yang tinggi dan tidak hanya secara ekonomi dengan menggerakkan arus investasi, tetapi juga berdampak terhadap pengembangan wilayah dengan mendorong pembangunan infrastruktur dan fasilitas kepariwisataan.

Webinar ini diharapkan dapat meningkatkan peran perempuan dalam pengambilan keputusan sekaligus meningkatkan peran perempuan dalam pendidikan dan pelatihan, kewirausahaan, komunitas masyarakat sipil, serta ketenagakerjaan sektor pariwisata. Sehingga dapat membentuk SDM yang cerdas, produktif, inovatif, adaptif dan adoptif sehingga menjadi asset yang sangat berharga bagi bangsa dan negara. 

Selama ini peran perempuan masih belum setara dengan peran laki-laki dan mengisi piramida terbawah di dalam struktur tenaga kerja di bisnis pariwisata. Berdasarkan data BPS, dari total jumlah tenaga kerja hotel dan akomodasi lainnya di Indonesia tahun 2019, baru sebanyak 31,64 persen yang merupakan tenaga kerja perempuan. Sedangkan, untuk wisatawan nusantara dari total 283 juta perjalanan wisatawan nusantara, sebanyak 143 juta perjalanan 50,64 persen dilakukan oleh wisatawan perempuan.

Baca juga : Top, Airlangga Dukung Santripreneur Tangguh

Dengan pembaharuan konsep Pariwisata yang berkelanjutan, serta berfokus terhadap pemberdayaan perempuan, dimaksudkan dapat mengembangkan serta melestarikan pariwisata yang berdampak positif serta menguntungkan, baik itu dari segi lingkungan, ekonomi serta sosial kemasyarakatan dan dengan potensi pariwisata Indonesia yang lebih baik dari negara-negara lainnya, dalam hal pengadaan destinasi wisata diharapkan dianggap sebagai angin segar bagi dunia pariwisata.

Di era digital sekarang yang memasuki era Masyarakat 5.0, dan bonus demografi, peran perempuan tidak hanya terbatas di rumah saja. Peran perempuan, di posisi penentu kebijakan, posisi pengambil keputusan dalam organisasi perlu kita dukung. 

Menurut dia, dengan semakin banyak representasi perempuan di posisi strategis, maka semakin cepat kita bisa membangun lingkungan yang akomodatif terhadap multiperan perempuan, dan menghargai kontribusi perempuan dalam keluarga, masyarakat dan pembangunan bangsa.

“Kita harus dapat membangkitkan kembali sektor pariwisata, terlebih lagi keragamanan destinasi pariwisata Indonesia membentang dari Sabang sampai Marauke merupakan suatu sumber daya alam yang tak ternilai dan harus kita jaga untuk keturunan anak cucu kita nanti,” ujarnya.

Baca juga : Social Bella Dorong Perempuan Berkiprah Di Industri Teknologi

Dia berharap, ilmu yang kita dapatkan dari webinar ini dapat implementasikan dan menjadi multiplier efek bagi pembangunan bangsa. Semoga kita semua dapat terus bersinergi, berkolaborasi dan kerja sama dapat selalu terjalin dengan baik, sehingga arus pariwisata dapat kembali berjaya agar dapat turut mendukung perkembangan wilayah serta berkontribusi terhadap masyarakat dan negara. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.