Dark/Light Mode

Lebaran Ketiga, 40 Ribu Motor Dan 50 Ribu Mobil Lewati Jalur Puncak

Rabu, 4 Mei 2022 20:33 WIB
Kondisi jalur Puncak, Megamendung di Lebaran ketiga, Rabu (4/5). (Foto: Antara)
Kondisi jalur Puncak, Megamendung di Lebaran ketiga, Rabu (4/5). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada Lebaran hari ke-3, sebanyak 40 ribu sepeda motor dan 50 ribu kendaraan roda empat, memasuki jalur Puncak, Ciawi-Megamendung.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bogor Ajun Komisaris Besar Polisi Imanuddin di Bogor, Rabu (4/5) menyatakan, secara volume kendaraan itu meningkat sebesar 40 persen dibanding pada hari kedua libur Lebaran, Selasa (3/5).

Menurutnya Karenanya, untuk mengurai kepadatan sejak pukul 07.30 WIB, telah diberlakukan sistem arus lalu lintas satu arah (one way) secara situasional dan mengarahkan wisatawan dari arah Jakarta untuk melewati sejumlah jalur alternatif di sekitar Puncak.

"Kami sudah terus berkoordinasi dengan Polres Bogor Kota, Polres Cianjur untuk mengantisipasi efek dari penggunaan satu arah (one way)," ujarnya.

Baca juga : H-2 Lebaran, 585 Ribu Kendaraan Keluar Jabodetabek Lewat Gerbang Tol Cikampek

Ia juga sudah mempersiapkan jalur-jalur alternatif sekitar puncak, termasuk petunjuk arah dan petugas di jalur-jalur alternatif tersebut.

Pengguna jalan tampak kebanyakan akan berwisata di Puncak, seperti berwisata ke vila, hotel, maupun Taman Safari Indonesia. Ada juga pengendara yang mengaku ingin mudik ke Cianjur.

Setelah sisa kendaraan mengarah ke Puncak sepenuhnya mengalir, maka sistem satu arah menuju Jakarta pun mulai diberlakukan secara bergantian.

"Saat ini kami sedang memberlakukan 'one way' ke arah Jakarta. Karena tadi ekor yang mengarah ke Puncak sudah habis di Simpang Gadog ," ujar Iman, seperti dilansir Antara.

Baca juga : Pakai Motor Atau Mobil Pribadi Wajib Isi e-HAC

Iman mengatakan, meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta hingga pukul 11.00 WIB membuat sejumlah titik jalur menuju Puncak mengalami kemacetan. Kemacetan terjadi di antaranya selepas pintu tol Ciawi sampai dengan simpang Gadog.

Kapolres Bogor menjelaskan bahwa kini tidak lagi memberlakukan aturan ganjil-genap di sekitar puncak Bogor, karena mempertimbangkan volume kendaraan.

Ganjil-genap dapat diberlakukan kembali jika arus lalu lintas memungkinkan kendaraan untuk diputar balik. Sementara itu Pada Rabu (4/5) ruas jalan menuju gerbang tol Ciawi juga terpantau padat merayap.

Atas diskresi kepolisian, Jasa Marga Metropolitan Tollroad (JMT) memberlakukan lawan arus (contraflow) atau lawan arah sejak 06.30 WIB untuk mengurai kemacetan.

Baca juga : Rajawali Nusindo Salurkan Migor Curah Ke Pedagang

Pengendara yang hendak menuju ke Puncak Bogor juga dialihkan keluar Gerbang Tol Bogor Selatan untuk mengurai kepadatan. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.