Dark/Light Mode

Lanjut Contra Flow Sampai Tol Japek KM47

Mulai Jam 11, Rekayasa One Way Diterapkan Di Sepanjang GT Palimanan Utama KM 188 - KM 72 Cikampek

Kamis, 5 Mei 2022 08:32 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi (Foto: Istimewa)
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rekayasa one way akan diberlakukan pada hari ini, Kamis (5/5) pukul 11.00 sampai 24.00 WIB. Mulai dari Gerbang Tol (GT) Palimanan Utama KM 188 hingga KM 72 Cikampek. Dilanjutkan contra flow sampai Tol Jakarta Cikampek (Japek) KM 47.

Kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dan Cikampek, mendapat relaksasi satu lajur.

Terkait hal tersebut, Kakorlantas Irjen Pol. Firman Shantyabudi mengatakan, pelaksanaan rekayasa one way bisa diakhiri lebih cepat, bila kepadatan arus lalu lintas (lalin) mulai berkurang.

Baca juga : Ibadah Sosial Penyiaran

Namun, apabila kepadatan semakin meningkat melebihi batas maksimal, rekayasa lalin one way akan ditingkatkan. Mulai dari GT Palimanan utama KM 188 hingga Tol Japek KM 47 (tanpa relaksasi). Serta diperpanjang waktunya.

"Sebelum pelaksanaan rekayasa lalin one way, akan dilaksanakan sterilisasi/pembersihan. Baik pada jalur maupun rest area, selama dua jam sebelum pelaksanaan rekayasa lalin one way atau pukul 09.00. Setelah itu, rekayasa lalin one way akan dimulai pukul 11.00," jelas Firman dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (5/5).

Setelah pelaksanaan one way pukul 24.00, akan dilakukan normalisasi. Baik pada jalur atau rest area selama 2 jam setelah pelaksanaan one way, atau pukul 02.00.

Baca juga : Disdik Jabar Mundurin Jadwal Masuk Sekolah Jadi 12 Mei

Selanjutnya, jalur akan dibuka secara normal.

Rekayasa ini diterapkan berdasarkan sejumlah pertimbangan dari stakeholder terkait dan PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol. Bahwa faktanya, ruas Tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin. Baik pada jalur A dan B, dengan volume capacity ratio (VCR) sebesar 1,19.

Sementara data arus lalu lintas pada Rabu (4/5) pukul 06.00 hingga 18.00 WIB,  jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan Tol Cipali menunjukkan tren peningkatan.

Baca juga : Berkat Pendidikan, Firli Bahuri Bisa Keluar Dari Kemiskinan

Berdasarkan pemantauan melalui CCTV,  baik yang ada di National Traffic Management Center (NTMC) dan Command Center PJR serta peta digital, terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin. Dari timur menuju arah barat.

"Berdasarkan pantauan anggota di lapangan - baik dari Polda Jateng, Polda Jabar dan Korlantas - arus lalu lintas juga mengalami peningkatan dibanding hari sebelumnya. Karena itu,  demi keamanan dan keselamatan serta kelancaran arus balik, kami menerapkan rekayasa lalu lintas one way," beber Firman. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.