Dark/Light Mode

JADI COVER MAJALAH ARAB

Jokowi Tidak Zalim Dan Tidak Korupsi

Selasa, 2 Juli 2019 06:20 WIB
Presiden Joko Widodo jadi Cover Majalah Arab
Presiden Joko Widodo jadi Cover Majalah Arab

RM.id  Rakyat Merdeka - MAJALAH gaya hidup Arab Saudi, Ar-Rajul, memasang foto Presiden Jokowi sebagai cover story. Dalam majalah itu, Jokowi dinilai pemimpin yang tidak zalim dan bersih dari korupsi.

Meskipun terbit bulan Mei lalu, tapi majalah ini masih menjadi perbincangan netizen kemarin. Majalah Ar Rajul berada di bawah grup Saudi Research and Marketing Group (SRMG).

Grup ini juga menerbitkan Arab News, surat kabar berbahasa Inggris populer dikawasan teluk. Dikutip dari Tribunnews, Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, Ar-Rajul dalam artikel dan wawancaranya sering memuat gaya hidup dan cerita tentang pria-pria sukses di Arab Saudi.

Selain itu, Ar-Rajul juga menampilkan tokoh-tokoh dunia yang inspiratif, seperti Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Mesir AsSisi, ulama muda Saudi moderat dan progresif Saleh al-Maghamisi, konglomerat perbankan Saudi Al-Rajhi, hingga Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Namun khusus tentang Jokowi, kata dia, setidaknya ada enam alasan kenapa Jokowi dipilih Ar-Rajul menjadi cover story. “Jokowi dinilai sebagai presiden yang berasal dari rakyat biasa, tidak pernah mimpi dan berekspektasi menjadi seorang pejabat, apalagi menjadi seorang presiden di sebuah negara muslim terbesar di dunia,” tulis redaksi, seperti diterjemahkan oleh Maftuh.

Baca juga : Jokowi Tak Main-Main Dengan Korupsi

Masih menurut redaksi Ar-Rajul, Jokowi dikenal sebagai pribadi yang rendah hati, murah senyum, berpihak kepada rakyat kecil, dan tangannya sangat bersih (nadhafatal yad). “Maksudnya tangan bersih ini adalah bersih dari korupsi dan sifat zalim terhadap rakyatnya,” kata Maftuh.

Laporan utama Ar-Rajul tentang Jokowi ini terdiri dari 14 halaman. Di halaman 18 ditampilkan foto selfie Jokowi. Di halaman 21, ArRajul menulis kondisi tentang Indonesia sebagai bangsa majemuk dan harmonis. Di situ juga redaksi mengutip penegasan Jokowi yang bangga terhadap dua organisasi besar, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, yang selalu menyuarakan nilai-nilai Islam moderat.

Sementara itu, di halaman 23, majalah ini menampilkan narasi dan foto-foto Jokowi ketika berselfie dengan Raja Salman bersama Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Majalah tersebut juga ditampilkan foto ketika Jokowi nge-vlog bersama Raja Salman ketika berada di Istana Pribadi Raja Salman di Riyadh. Terkait sisi pribadi, Ar-Rajul mengungkapkan Jokowi sebagai Sarjana Kehutanan yang menggemari musik metal dan naik sepeda motor.

Khusus di sampul majalah, kata Maf tuh, melengkapi foto Presiden Jokowi tertulis kalimat puitis, ‘Saya pernah hidup di rumah gubuk yang selalu kebanjiran, saya tidak pernah bermimpi menjadi pejabat’.

Baca juga : Jokowi Takut Rakyat Kemakan Hoaks

Tampilan sampul majalah ini ramai diretweet sambil dikomentari oleh netizen Twitter. Namun mayoritas menyuarakan kebanggan kepada bekas Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Misalnya saja akun Hariy A. Choliq @MasHariy_Harr79 yang bangga karena kehidupan dan kepemimpinan Presiden Jokowi dijadikan Laporan Utama. “Kami Bangga! Pak @jokowi menjadi cover majalah milenial Arab Saudi.” Akun iffa (S.N Afifah)‏ @iffa_ afiffah juga sependapat. “Bangga punya presiden seperti beliau.

Kalian yang benci pak Jokowi mestinya baca artikel ini.” Bahkan akun Jos A @Jos_ ‏ Almeida mengungkapkan perjalanan hidup Jokowi hingga menjadi orang nomor satu di Indonesia sudah memberikan dia motivasi.

“Anak saya ingin menjadi presiden tapi saya bilang, tidak mungkin jika kamu bukan ketum parpol ataupun pendiri parpol. Tapi tahun 2014 pak Jokowi yang bukan dari petinggi/ pendiri parpol bisa menjadi presiden. Langsung saya menyampaikan ke anak saya bahwa jika Jokowi bisa, kamu pun bisa.”

Kicauan itu pun dilengkapi oleh endo‏ @Endah_Wal. “Mutiara pasti se lalu bersinar dimanapun (beliau) ber ada.”

Baca juga : Pengamat: Selain Posisi Mentan, Amran Juga Akan Cakap di Kursi Mendag

Sementara, akun Ridwan Pagaralam @RidwanPagaralam menganggap wajar kalau Jokowi ber ada di sampul majalah Ar-Rajul ka rena sesuai dengan kepribadiannya.

“Kalau dia zalim, tak akan mungkin dapat kehormatan di sana. Hujatan kampret sama sekali nggak ngefek.” [NMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.