Dark/Light Mode

Pemudik Bermotor Diimbau Manfaatkan Program Arus Balik Gratis Naik Kapal Laut

Jumat, 6 Mei 2022 10:52 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta masyarakat memanfaatkan program arus balik sepeda motor gratis naik kapal laut, khususnya warga Surabaya dan Semarang.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Capt Mugen S. Sartoto mengatakan, program tersebut merupakan lanjutan dari program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

"Bagi pemilik sepeda motor yang akan arus balik, lebih baik ikut kapal gratis. Selain dapat menghindari kemacetan lalu lintas jalan raya juga dapat meningkatkan keselamatan perjalanan," katanya, Jumat (6/5).

Baca juga : Pemudik Yang Naik Motor Diminta Manfaatkan Jembatan Timbang Buat Istirahat

Mugen mengungkapkan, armada kapal yang digunakan untuk arus balik masih sama dengan arus mudik yakni KM Dobonsolo dan KM Ciremai.

Persyaratan dan ketentuannya juga masih sama. Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan KM Ciremai adalah 9 Mei pukul 17.00 WIB dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 10 Mei 2022 pukul 15.00 WIB.

Sedangkan, KM Dobonsolo berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada 11 Mei 2022 pukul 17.00 WIB dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 12 Mei pukul 15.00 WIB.

Baca juga : Airlangga Hartarto Lepas 880 Pemudik Lewat Program Mudik Gratis Bareng Partai Golkar

Hingga saat ini peserta arus balik gratis yang sudah terverifikasi untuk keberangkatan 9 Mei dari Surabaya berjumlah 57 motor dan 135 orang. Sedangkan untuk 11 Mei sebanyak 33 motor dan 62 orang.

Sementara itu, arus balik dari Semarang untuk keberangkatan 10 Mei 2022 yang terverifikasi berjumlah 613 motor dan 1.403 orang dan 12 Mei 2022 sebanyak 264 motor dan 589 orang.

"Artinya masih banyak kuota yang tersedia karena kapasitas masing-masing kapal mencapai 2.500 orang dan 1.250 unit sepeda motor," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.