Dewan Pers

Dark/Light Mode

Lancarkan Arus Mudik, Mulai Besok Polisi Berlakukan Sistem One Way Dan Gage

Rabu, 27 April 2022 16:49 WIB
Webinar Bahagia dan Cemas Mudik Lebaran, yang diselenggarakan Divisi Humas Polri, Rabu (27/4). (Foto: Divhumas Polri)
Webinar Bahagia dan Cemas Mudik Lebaran, yang diselenggarakan Divisi Humas Polri, Rabu (27/4). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2022, Polri siap melaksanakan rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one way) dan ganjil genap (gage) di jalur tol Pantura Jawa.

"Sistem one way dan gage akan dilaksanakan bersamaan pada 28 April hingga 8 Mei," kata Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Chryshnanda Dwilaksana, dalam webinar 'Bahagia dan Cemas Mudik Lebaran', yang diselenggarakan Divisi Humas Polri, Rabu (27/4).

Dia menjelaskan, sistem one way dan gage pada masa mudik akan diterapkan mulai dari Tol Cikampek hingga Tol Kalikungkung, Semarang, pada 28 April-1 Mei 2022. Sedangkan, pada arus balik dilaksanakan dari Tol Kalikungkung hingga Tol Cikampek, pada 6-8 Mei 2022.

Berita Terkait : Datangi Korban Kebakaran Pasar Gembrong, Dave Laksono Beri Bantuan Sembako Dan 1 Ton Beras

"Pada pelaksanaan sistem one way itu juga dilaksanakan sistem gage di tol. Kendaraan yang tidak sesuai pada saat itu akan diarahkan ke luar jalur tol," ungkapnya. 

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Karo PID Brigjen Hendro Suhartyono mengatakan, kebijakan memperbolehkan mudik Lebaran 2022 merupakan upaya negara dalam menggenapkan kebahagiaan masyarakat di Hari Raya Idul Fitri. 

Sebab, tradisi tahunan itu sudah dua tahun dilarang karena pencegahan penyebaran Covid-19. Namun, ada kecemasan yang membayangi, yaitu melonjaknya kasus Covid-19 pasca mudik Lebaran.

Berita Terkait : Menteri Erick: Mudik Gratis Bisa Tekan Kemacetan

"Karena itu, masyarakat yang akan mudik harus mengikuti ketentuan, di antaranya harus memenuhi ketentuan jumlah vaksin yang telah diterima," tegasnya.

Sementara, Kabid Perubahan Perilaku Satgas Pengendalian Covid 19 Sonny Hari B. Harmadi mengingatkan masyarakat yang akan mudik untuk segera melakukan vaksinasi booster sesuai anjuran yang disampaikan Presiden Joko Widodo. "Segera lakukan vaksin booster untuk melindungi diri sendiri dan kerabat yang dikunjungi," imbau Sonny. 

Pemerintah, lanjut Sonny, memastikan ketersediaan vaksin guna mendukung kelancaran mudik Lebaran 2022. Tempatnya juga tersebar di mana-mana, dan mudah dijangkau masyarakat.

Berita Terkait : Jelang Puncak Arus Mudik, KAI Ingatkan Kembali Syarat Naik KA

Hngga saat ini sudah 392 juta dosis vaksin telah disuntikkan, dan telah menjangkau lebih 60 persen dari total populasi di Tanah Air. "Khusus untuk booster baru menjangkau 13,19 persen populasi atau 35,518 juta warga," jelasnya.
 Selanjutnya