Dark/Light Mode

Puncak Arus Balik Diprediksi 6-8 Mei, Ini Antisipasi ASDP

Rabu, 4 Mei 2022 23:30 WIB
Foto: ASDP.
Foto: ASDP.

RM.id  Rakyat Merdeka - Puncak arus balik Lebaran 2022 pada moda penyeberangan diprediksi akan terjadi pada Jumat (6/5) sampai Minggu (8/5). Pemerintah melakukan antisipasi dengan menyediakan pelabuhan alternatif selain Pelabuhan Bakauheni, yakni Pelabuhan Panjang untuk mengantisipasi lonjakan pergerakan dari Sumatera ke Jawa.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, saat ini arus kendaraan dan penumpang yang masuk ke Pelabuhan Bakauheni masih relatif ramai lancar. Ira memperkirakan, akan terjadi peningkatan mulai Jumat ini dan selama akhir pekan.

Baca juga : Pemudik Diimbau Pulang Lebih Cepat atau Perpanjang Cuti

"Untuk H+1 kondisi arus kendaraan dan penumpang yang masuk ke Pelabuhan Bakauheni masih relatif ramai lancar. Perkiraan kami, sekitar tanggal 6-7 Mei besok baru akan dimulai terjadi peningkatan," ujarnya, Rabu (4/5).

Agar tidak terjadi kepadatan seperti di Pelabuhan Merak pada arus mudik minggu lalu, pemerintah menyiapkan Pelabuhan Panjang, Lampung sebagai pelabuhan alternatif untuk melayani angkutan logistik dan penumpang.

Baca juga : Indonesia Ngarep KTT Di Bali Dihadiri Lengkap Anggota G20

ASDP mencatat, ada 42.165 orang yang telah menyeberang dari Bakauheni menuju Merak, diikuti kendaraan roda dua sebanyak 2.640 unit, roda empat sebanyak 5.771 unit, 179 unit bus, 324 unit truk selama setidaknya 24 jam yang lalu.

ASDP memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada Minggu atau H+5 Idul Fitri dengan angka proyeksi produksi yakni penumpang pejalan kaki 17.321 orang dan penumpang dalam kendaraan 211.010 orang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.