Dark/Light Mode

Jangan Kaget, Anies Dan Ganjar

Lebih Banyak Keluar Kandang

Selasa, 10 Mei 2022 06:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto : Istimewa).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Kepada media, Ganjar bilang bahwa pertemuan itu hanya silaturahmi sekaligus bertukar cerita dan pengalaman. Dia menyebut, hampir dua tahun tidak berjumpa dengan AGH karena penyebaran Covid-19.

"Sudah kita jadwalkan untuk berbincang banyak hal, tapi karena waktunya nggak banyak, saya hanya silaturahmi. Ya, untuk bangun komunikasi lah," kata Ganjar, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/5).

Baca juga : Dubes Irlandia Liburan Ke Desa Wisata NTT Bareng Keluarga

Kegiatan tersebut merupakan serangkaian kunjungan Ganjar ke Sulsel. Sehari sebelumnya, orang nomor wahid di Jateng itu sempat berziarah ke dua makam pahlawan nasional sekaligus, yakni Sultan Hasanuddin di Kabupaten Gowa dan Pangeran Diponegoro di Kota Makassar. "Hari ini kita ziarah di makam Sultan Hasanuddin, kemarin di makam Pangeran Diponegoro juga," imbuh Ganjar.

Dia bilang, terdapat sisi menarik dari kompleks makam Sultan Hasanuddin, yaitu memiliki kemiripan dengan corak Jawa. Bahkan, makam ini memiliki juru kunci sendiri dipegang oleh pihak keluarga kerajaan. Makam ini terawat sejak 1.600 tahun silam.

Baca juga : Ganjar & Amran Gelar Pertemuan Tertutup

Sebelum terbang ke Sulsel, Ganjar terlebih dulu berkunjung ke Yogyakarta. Di sana, dia bersilaturahmi dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Haedar Nashir di Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Cik Ditiro, Gondokusuman, Yogyakarta, Kamis (5/5). Pertemuan keduanya membahas berbagai persoalan kebangsaan, termasuk persiapan Muktamar Muhammadiyah pada November 2022.

Melihat Anies dan Ganjar yang banyak keluar kandang, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurniasyah mengaku tidak heran. Menurutnya, Anies dan Ganjar sedang mendekati sejumlah tokoh di luar wilayahnya demi meraih dukungan.

Baca juga : Yeay...Waktunya Mudik Selamat Sampai Tujuan

"Dengan kunjungan ini, daya rekat antara tokoh dengan publik bisa menguat. Itu yang sedang diupayakan Anies maupun tokoh politik lainnya saat ini," ujar Dedi, saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Kendati demikian, lanjur Dedi, tidak semua yang dilakukan Anies dan Ganjar bisa meningkatkan elektabilitas. Jika ingin elektabilitas naik, Anies dan Ganjar harus memahami kesukaan publik yang ingin disasarnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.