Dewan Pers

Dark/Light Mode

Didukung 34 DPD & 78 OKP, Haris Diprediksi Terpilih Aklamasi

Sabtu, 14 Mei 2022 09:49 WIB
Ketua Pokja Kandidat Kongres XVI KNPI, Raden Umar memberikan penjelasan persiapan Kongres XVI KNPI DI Maluku Utara Kamis (13/5)
Ketua Pokja Kandidat Kongres XVI KNPI, Raden Umar memberikan penjelasan persiapan Kongres XVI KNPI DI Maluku Utara Kamis (13/5)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang perhelatan Kongres XVI Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang akan digelar di Maluku Utara, pada 15-22 Mei masih sepi pendaftar. 

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kandidat Kongres XVI KNPI, Raden Umar menyampaikan, bahwa sampai saat ini belum ada satu pun calon kandidat ketua umum KNPI yang mendaftarkan diri. 

"Hingga saat ini belum ada satu pun kandidat calon ketua umum KNPI yang mendaftarkan diri. Namun, ada surat dukungan secara tertulis dari 34 DPD KNPI dan 78 OKP untuk mengusung kembali Haris Pertama agar melanjutkan kembali kepemimpinannya sebagai Ketua Umum KNPI,"kata Umar kepada wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (13/5).

Berita Terkait : Puncak Arus Balik Diprediksi 6-8 Mei, Ini Antisipasi ASDP

Dengan adanya dukungan dari seluruh DPD KNPI tersebut, kata Umar, kandidat calon ketua umum KNPI diprediksi menjadi tunggal. Sebab, Ketua DPD KNPI se-Indonesia telah berkumpul dan memberikan dukungan penuh untuk “Haris Pertama”. 

Umar yang juga menjabat Komandan Menwa Jakarta ini mengaku, Tim Pokja telah melakukan penjaringan kandidat calon ketua umum KNPI sejak mendapat Surat Keputusan Pembentukan Steering Committee (SC) Kongres XVI pada Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurnas) DPP KNPI

"Sejak mendapatkan SK, kami sudah membuat kriteria calon kandidat ketua umum KNPI. Salah satunya, setiap kandidat calon ketua umum harus mendapat dukungan minimal dari 10 DPD dan 10 OKP dengan sebaran dukungan dari tiga wilayah Indonesia, yakni Indonesia Barat, Indonesia Tengah dan Indonesia Timur," kata Umar.

Berita Terkait : Bendung Katulampa Siaga 3, Banjir Diprediksi Terjang Jakarta Malam Ini

Ketua Steering Committee Kongres XVI KNPI, Choir Syariffudin mengungkapkan,  persiapan Kongres XVI KNPI sudah mencapai 80 persen.  Saat ini, sambungnya, seluruh pimpinan dan peserta KNPI telah terbang ke Maluku Utara bersama-sama dalam menghadiri Kongres XVI KNPI tersebut. 

"Sejumlah pimpinan DPD KNPI dari berbagai wilayah akan berangkat ke Maluku Utara untuk menghadiri Kongres XVI," kata Choir.

Rencananya, menurut Choir, Kongres XVI KNPI akan dibuka oleh Ketua MPR, Bambang Soesatyo. Bahkan, sejumlah tokoh nasional pun akan menghadiri Kongres XVI KNPI ini, seperti Akbar Tanjung dan Adhyaksa Dault. [MFA]

Berita Terkait : Dukung Kongres Penyatuan KNPI, Fajrie Apresiasi Menko PMK