Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gejala Berat Hepatitis Akut Terjadi Setelah 2 Pekan, Pasien Bisa Hilang Kesadaran

Selasa, 17 Mei 2022 14:25 WIB
Hepatitis akut misterius/ilustrasi (Foto: Istimewa)
Hepatitis akut misterius/ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gejala berat hepatitis akut misterius sangat menakutkan. Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menerangkan, gejala berat pada anak di bawah umur 16 tahun umumnya terjadi dalam rentang waktu dua pekan, yang ditandai dengan hilang kesadaran atau kejang.

"Makanya disebut hepatitis akut berat, karena dalam 14 hari orang yang terkena jadi kejang dan terjadi penurunan kesadaran. Kalau hepatitis normal tidak sampai kejang," kata Siti Nadia, di Jakarta, Selasa (17/5), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Sekolah Boleh Buka, Tapi Kantin Ditutup

Nadia mengatakan, indikasi itu dipelajari tim peneliti terhadap satu dari tiga pasien anak yang dilaporkan meninggal dunia dalam kurun waktu yang berbeda pada akhir April 2022, di RSCM Jakarta. "Satu dari tiga kasus meninggal di Jakarta merupakan probable hepatitis akut bergejala berat yang belum diketahui penyebabnya," katanya.

Nadia menjelaskan, klasifikasi hepatitis misterius probable ditandai dengan laporan nonreaktif pada pemeriksaan hepatitis A, B, C, D, dan E maupun virus lainnya, seperti dengue maupun Adenovirus 41. Kemenkes sedang memperkuat peran diagnosa pasien bergejala hepatitis di seluruh Puskesmas di Tanah Air. Sebab, kunci mencegah kasus kematian pada pasien adalah kecepatan diagnosa dan penanganan medis.

Baca juga : Tips Hindari Hepatitis Akut Bagi Anak Yang Sekolah Tatap Muka

"Sifatnya kewaspadaan demam kuning. Apa pun gejalanya, Puskesmas harus turun cek lingkungan, ambil sampel feses pasien dan diperiksa. Puskesmas akan lihat, apakah perlu rujukan ke rumah sakit atau tidak," katanya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.