Dark/Light Mode

Omongan Jokowi Bisa Bikin Ganjar Ge-eR Nih…

Minggu, 22 Mei 2022 06:50 WIB
Presiden Jokowi di Rakernas V Projo di gelar di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, kemarin. (Foto: ist)
Presiden Jokowi di Rakernas V Projo di gelar di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, kemarin. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Jokowi berjanji, bila tiba waktunya, akan mendengarkan aspirasi dari bawah.

"Saya akan dengar dari bapak ibu semuanya. Saya akan ajak bicara. Sekali lagi, jangan tergesa-gesa. Karena dinamika politik sekarang ini juga masih belum jelas. Bener enggak? Partai apa, mencalonkan apa, belum jelas," ungkapnya. 

Menurut Jokowi, saat ini lebih baik menunggu sikap parpol. Jangan sampai salah dan keliru menetapkan arah politik. "Setuju kita sabar? Setuju kita tidak tergesa-gesa dulu?" tanya Jokowi. "Setuju," hadirin kompak menjawab.

Baca juga : Berat, Kalau Ganjar Pranowo Nekat Nyapres Nih

Berbeda dengan Jokowi yang hanya kasih kode, Ketua Projo, Budi Arie Setiadi dengan jelas "mencolek" Ganjar dalam sambutannya. "Yang kami banggakan dan kami cintai, Gubernur Jawa Tengah, Pak Ganjar Pranowo beserta ibu," kata Budi. Peserta pun langsung meneriakkan yel-yel. "Hidup Ganjar," ujarnya. 

Budi mengatakan, pihaknya mengundang Ganjar dalam kapasitas sebagai Gubernur Jawa Tengah. "Pak Ganjar kan Gubernur Jawa Tengah. Bupati saja diundang. Masak yang punya wilayah nggak diundang," tegasnya.

Soal pesan Jokowi agar ojo kesusu, Budi berjanji siap menaatinya. Yang pasti, kata dia, capres yang nanti akan diusung Projo adalah yang berpihak pada rakyat. “Jadi Pak Presiden sudah menyatakan ojo kesusu, nanti pasti ada waktunya," kata Budi.

Baca juga : Pamor Pak Jokowi Turun & Naik Karena Migor

Melihat gerak-gerik Jokowi, pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio mengakui, Jokowi masih punya pengaruh besar dalam Pilpres 2024. Kandidat yang mendapat restu dan didukung Jokowi, punya peluang memenangkan pertarungan. 

“Jadi, wajar saja, kalau omongan Jokowi ini bisa membuat Ganjar ke-geer-an. Meskipun belum tentu juga Jokowi mendukung Ganjar,” kata Hensat-sapaannya, saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin. 

Pendiri lembaga KedaiKOPI ini lantas menganalisa omongan Jokowi di Rakernas Projo yang dianggap kasih angin segara pada Ganjar. Pertama, adanya gerakan relawan Jokowi yang aktif bersuara mendukung Ganjar  padahal partai asal Jokowi, PDIP belum menentukan capres. 

Baca juga : Jokowi Bagikan Bansos Di Cirebon Dan Brebes

"Jadi beliau minta relawan bersabar agar beliau tidak terjebak situasi yang tidak mengenakkan, terjebak di tengah antara relawan dan partai," paparnya. 

Kedua, Jokowi memahami  situasi politik sangat dinamis yang memungkinkan relawan Jokowi untuk mempertimbangkan memberikan dukungan bagi siapapun capresnya termasuk Prabowo, Puan Maharani maupun Anies Baswedan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.