Dark/Light Mode

Intip Jagoan Parpol Di Pilpres 2024

Dukungan NasDem Untuk Anies Capres Belum Pasti

Senin, 23 Mei 2022 08:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.  (Foto: Facebook)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
“Itu sudah secara terang benderang menyebut nama Anies. (DPW Nasdem) Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten,” kata anggota Komisi III DPR itu kepada wartawan, Kamis (19/5).

Namun demikian, dia menegaskan, Anies belum pasti diusung menjadi Capres 2024 oleh NasDem. Sebab, NasDem masih punya puluhan DPW lainnya yang juga berhak memilih tokoh. Bisa saja muncul nama sosok lainnya.

“Kami di DPP juga tidak mengarahkan DPW untuk menyebut nama. Kami hanya menangkap aspirasi,” terang anggota DPR Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah itu.

Baca juga : Fokus Menang Pemilu 2024, NasDem Bandung Bidik Caleg Berkualitas

Selanjutnya, Panitia Rakernas akan menyerahkan tiga nama yang paling banyak dipilih DPW kepada Ketum NasDem Surya Paloh.

“Nanti Ketum yang akan memutuskan satu nama, tetapi kapan diumumkan capres itu, Pak Surya yang tahu,” ungkap Ali.

Selain Anies, ada nama lain juga muncul. Ini diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim.

Baca juga : Harry: Indonesia Belum Hoki

“Nama Anies, Ganjar, Khofifah, Andika dan lainnya, toh yang akan kita kristalkan bukan hanya satu nama. Kami terus pantau dan cermati perubahan dan dinamikanya. Kan hasil survei dapat berubah kapan saja,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKopi Kunto Wibowo mengatakan, secara lebih spesifik, yang akan mendapat keuntungan coattail effect alias efek ekor jas jika mengusung Anies hanyalah PKS, PPP, dan NasDem.

“Yang akan dapat dampak elektoral adalah partai yang memiliki citra yang mirip dengan Anies, yaitu agamis dan nasionalis. Sebab, jika citranya tidak koheren, akan susah saling mengerek atau saling menaikkan elektabilitas,” terang Kunto.

Baca juga : Sanksi Hukum Untuk LGBT Belum Ada Nih

Hal ini dibuktikan dengan kedekatakan Anies yang diterima di basis massa agamis di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Kebanyakan pemilih PKS dan PPP merupakan Muslim. Sedangkan NasDem tentu dinilai partai nasionalis, dan Anies juga jadi salah satu pendiri Ormas NasDem. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.