Dark/Light Mode

Catatan Dr. Muhtadi

Pendidikan Peduli Lingkungan

Selasa, 24 Mei 2022 13:45 WIB
Dr. Muhtadi, Ketua Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Wakil Ketua II Asosiasi Pembangunan Sosial Indonesia (APSI).
Dr. Muhtadi, Ketua Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Wakil Ketua II Asosiasi Pembangunan Sosial Indonesia (APSI).

 Sebelumnya 
Syukri Hamzah (2013: 43) misalnya mengatakan, bahwa karakter peduli lingkungan sepenuhnya tidak berkaitan dengan talenta maupun instink bawaan, tetapi juga merupakan output dari suatu proses pembelajaran atau pendidikan dalam makna yang lebih luas.

Dalam konteks inilah pentingnya peran guru untuk memberikan edukasi, pemahaman, hingga pembiasaan secara praktis misalnya, tentang membuang sampah yang benar, di tempat yang benar pula. (Al- Anwari, AM (nd).

Karenanya, maka penting adanya pendidikan yang peduli lingkungan dilaksanakan pada pendidikan usia dini. Dimana pendidikan tingkat Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB/TK) diintensifkan dan diprioritaskan, agar mereka memiliki kesadaran dan fondasi kuat yang nanti termanifestasi dalam tindakan berkelanjutan untuk peduli lingkungan.

Baca juga : Kuliah Lapangan Plus Jalin Kerjasama

Proses pembelajaran peduli lingkungan bagi peserta didik itu akan efektif jikalau ada; pertama, keteladanan dari seluruh pemangku kepentingan pendidikan dalam hal peduli lingkungan, termasuk membuang sampah pada tempatnya.

Kedua, adanya norma atau aturan yang berlaku reward bagi yang mematuhinya dan punishment bagi yang melanggarnya.

Ketiga, adanya sarana atau tempat untuk membuang sampah tersebut.

Baca juga : Mentan SYL Koordinasi Pengendalian Dan Pencegahan PMK Di Lampung

Keempat, proses sosialisasi dan penyuluhan tentang pentingnya memelihara lingkungan yang sehat dan bersih.

Akhirnya, kita tentu berharap tak melihat lagi ada individu yang membuang sampah di jalanan. Karena pendidikan kita telah secara efektif menumbuhkan pada kesadaran dan terimplementasi dalam tindakan peduli terhadap lingkungan. Semoga.

[Artikel ini merupakan pendapat pribadi]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.