Dark/Light Mode

STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh, Sumbar

Kuliah Lapangan Plus Jalin Kerjasama

Selasa, 24 Mei 2022 08:35 WIB
Penandatanganan Kerjasama antara Prodi Pendidikan Sejarah STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh dengan Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, Sumatra Barat. [Foto: Fikrul Hanif]
Penandatanganan Kerjasama antara Prodi Pendidikan Sejarah STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh dengan Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, Sumatra Barat. [Foto: Fikrul Hanif]

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi, Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh, Sumatra Barat, lalu melakukan serangkaian kegiatan pada Selasa (17/5/2022).

Misi yang diikuti enam staf pengajar dan 32 mahasiswa kali ini adalah melakukan serangkaian kuliah lapangan dan menandatangani kerjasama. Kuliah lapangan dilaksanakan di kantor Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar. Rombongan yang diterima langsung Kepala BPNB, Undri.

Baca juga : Duh, Ganjil Genap Bakal Diperluas Jadi 25 Ruas

Diawali penandatanganan kerjasama antara Prodi Pendidikan Sejarah, Destel Meri dengan Kepala BPNB Sumatra Barat, Undri. Setelah itu, dilanjutkan dengan kuliah lapangan yang mengangkat tema, “Kearifan Lokal sebagai Pembelajaran Sejarah Berbasis Revolusi 5.0”.

Dalam kesempatan itu, Undri menegaskan, kegiatan itu merupakan usaha mendekatkan kantor BPNB Sumatera Barat dengan stakeholder. “Dengan adanya kegiatan ini, dapat terlaksana agenda besar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, yakni mewujudkan Kampus Merdeka Belajar di bidang budaya,” jelas Undri.

Baca juga : AMTI: Kebangkitan Ekosistem Pertembakauan Butuh Perlindungan Dan Kepastian Hukum

Agenda lainnya, adalah penandatanganan kerjasama dengan Jurusan Ilmu Sejarah dan Prodi Magister Ilmu Sejarah Universitas Andalas. Penandatanganan dengan Jurusan Ilmu Sejarah dilakukan oleh Kaprodi, Zulqaiyyim, disaksikan oleh staf dosen dari kedua belah pihak.

Sedangkan untuk penandatanganan kerjasama dengan Prodi Magister Ilmu Sejarah dilakukan oleh Kaprodi Nopriyasman. Penandatanganan yang dilakukan kedua institusi tersebut, pada dasarnya merupakan kelanjutan dari jalinan kerjasama yang berjalan baik selama 10 tahun terakhir.

Baca juga : KPK: Proses Pengisian Penjabat Kepala Daerah Rentan Praktik Korupsi

Diharapkan, lima tahun mendatang, kerjasama ini tetap menekankan pada ruang lingkup Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.