Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kalau Pasangan Di Pilpres Begini

Mana Yang Bakal Menang: Ganjar-Anies/Erick, Bowo-Imin/Khofifah, Andika-Mbak Puan

Rabu, 25 Mei 2022 07:32 WIB
Simulasi tiga pasangan capres. (Foto: Istimewa)
Simulasi tiga pasangan capres. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wacana 3 pasang capres di 2024 nanti terus mengemuka. Kalau capres dan cawapres yang muncul nanti seperti ini: Ganjar Pranowo duet dengan Anies Baswedan atau Ganjar duet dengan Erick Thohir melawan Prabowo Subianto yang duet dengan Muhaimin Iskandar atau dengan Khofifah Indar Parawansa, dan satu pasang lagi adalah Andika Perkasa-Puan Maharani, lalu siapa yang berpeluang jadi pemenang ya...

Hitung-hitungan politik ketiga pasang capres itu bisa kita analisis begini. Ganjar-Anies atau Ganjar-Erick bisa maju melalui NasDem dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri atas Golkar, PAN, dan PPP. Koalisi ini sudah cukup untuk mengajukan capres. Baik dari sisi perolehan suara nasional, maupun jumlah kursi di DPR.

Berita Terkait : Kejutannya, Andika Mulai Dekati Puan

Sedangkan Prabowo-Imin atau Prabowo-Khofifah bisa maju dengan dukungan Gerindra dan PKB. Koalisi ini juga sudah cukup untuk mengajukan capres sendiri.

Adapun Andika-Puan bisa maju walaupun hanya didukung oleh PDIP. Sebab, PDIP merupakan satu-satunya partai yang sudah memegang tiket mengajukan capres walau tidak berkoalisi dengan partai lain.

Berita Terkait : Ganjar, Emil, Khofifah, Ayo Tiru Anies!

Lalu, bagaimana peluang dan chemistry pasangan-pasangan tadi? Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin melihat, Ganjar-Anies merupakan pasangan bagus. Secara chemistry, keduanya terlihat cocok. Sering diskusi dan pernah kerja bareng. "Jika berpasangan, kansnya cukup kuat," kata Ujang, saat berbincang dengan Rakyat Merdeka, kemarin.

Namun, dalam prediksi Ujang, kedua tokoh ini sangat sulit bisa bersanding. Pertama, keduanya sama-sama tak punya partai. Untuk Ganjar, walaupun kader PDIP, akhir-akhir ini justru dijauhi Banteng. Kedua, Ganjar dan Anies sama-sama ingin jadi capres. Bukan cawapres.

Berita Terkait : Ganjar Dicampakkan Puan Cs

Untuk Ganjar-Erick, Ujang menilai, kedua tokoh ini punya kans untuk berduet. Syaratnya, Erick mampu menaikkan elektabilitasnya. Ini syarat penting, karena psikologi massa hanya akan memilih capres-cawapres yang memiliki elektabilitas tinggi.

Bisakah elektabilitas Erick didongkrak? Ujang menyatakan, sangat mungkin. Sebagai Menteri BUMN, Erick punya panggung besar untuk semakin dekat dan dikenal rakyat. "Semuanya masih punya peluang yang sama untuk bisa menaikkan elektabilitas masing-masing. Masih ada waktu," ucapnya.
 Selanjutnya