Dark/Light Mode

Selepas Ashar, Buya Syafii Dikebumikan Di Pemakaman Milik Muhammadiyah, Kulonprogo

Jumat, 27 Mei 2022 11:45 WIB
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif, meninggal dunia dalam usia 86 tahun di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat (27/5). (Foto: Istimewa)
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif, meninggal dunia dalam usia 86 tahun di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat (27/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif yang akrab disapa Buya Syafii menghembuskan napas terakhirnya dalam usia 86 tahun di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta, Jumat (27/5). Atau menjelang ulang tahunnya yang ke-87 pada 31 Mei mendatang.

Kesehatan ulama asal Sumatera Barat itu dilaporkan menurun, terutama sejak Maret lalu. Beberapa kali, Buya Syafii menjalani perawatan di rumah sakit karena penyakit jantung.

Baca juga : Besuk Buya Syafii Maarif, Ganjar: Alhamdulilah, Sudah Stabil

Sempat membaik, Buya Syafii kembali masuk rumah sakit pada 15 Mei karena sesak napas.

Menurut info Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah Budi Setiawan, jenazah pendiri Maarif Institute itu akan disemayamkan di Masjid Gede Yogyakarta, selepas shalat Jumat. Setelahnya, akan dimakamkan di Kulonprogo selepas Ashar.

Baca juga : Hepatitis Akut Misterius Bisa Dicegah, Pastikan Cuci Tangan Anda Sudah Benar

"Jenazah akan dikebumikan di Pemakaman Husnul Khotimah milik Muhammadiyah, yang berlokasi di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo," kata Budi seperti dikutip resmi Muhammadiyah, Jumat (27/5). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.