Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gandeng Anies, Haedar Resmikan Gedung Dakwah Muhamadiyah DKI

Sabtu, 20 Nopember 2021 23:32 WIB
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Masjid At-Taqwa dan Gedung Dakwah Muhammadiyah di DKI Jakarta, Sabtu (20/11).

Peresmian gedung dakwah DKI ini dalam rangka momentum Milad Muhammadiyah ke-109.

“Selamat kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta yang berhasil membangun azamnya yang telah lama membangun gedung ini,”  ujar Haedar dikutip Muhammadiyah.or.id.

Berita Terkait : Syarief Hasan: Komitmen Kebangsaan Muhammadiyah Tak Diragukan

Dalam kesempatan tersebut, Haedar berpesan agar bangunan setinggi lima lantai ini menjadi simbol perjuangan Persyarikatan yang benar-benar memberikan manfaat kepada umat secara luas.

Dalam kesempatan itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan turut memuji kemandirian PWM DKI Jakarta. Perjuangan membangun dua bangunan ini yang dimulai sejak periode kepemimpinan PWM tahun 2010 dianggap berbuah manis.

“Saya berharap dengan gedung baru bukan hanya bangunannya yang baru, tapi idenya dan gagasannya yang baru sehingga Muhammadiyah selalu membawa pesan kemajuan,” tuturnya.

Berita Terkait : Menag: Selamat Milad Ke-109, Terima Kasih Muhammadiyah

Sebagaimana diketahui, lokasi dua bangunan ini terletak pada kompleks perguruan Muhammadiyah yang telah dibuka pada tahun 1923 dan berwujud sebagai Algemene Middelbare School (AMS).

Pahlawan nasional dari Muhammadiyah seperti Otto Iskandar Dinata dan Ir. Djuanda pernah berkhidmat di lembaga pendidikan ini.

“Bangunan ini di lokasi yang sangat bersejarah, karena Jalan Kramat ini adalah bagian yang paling tua dari Cawang sampai Senen adalah garis perdagangan di masa lalu. Kemudian ada Matraman, tempat pasukan Sultan Agung parkir ketika mau menyerang Batavia,” imbuh Anies.

Berita Terkait : Basarah Puji Gerakan Sosial Dan Moderasi Islam Muhammadiyah

Turut hadir, Wakil Ketua MPR, Zukifli Hasan, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Reza Patria, pengusaha nasional, Sutrisno Bachir, dan perwakilan Pangdam Jaya, perayaan milad setelah peresmian gedung dimeriahkan oleh pentas musik dari Lembaga Seni Olahraga dan Budaya (LSBO) Muhammadiyah. [MFA]