Dark/Light Mode

Buya Syafii Wafat

Pejabat Dan Rakyat Berduka

Sabtu, 28 Mei 2022 06:40 WIB
Presiden Jokowi ikut mensalatkan jenazah almarhum Buya Syafii Maarif, di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, kemarin.
Presiden Jokowi ikut mensalatkan jenazah almarhum Buya Syafii Maarif, di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, kemarin.

 Sebelumnya 
Ucapan duka dan doa-doa mengalir deras di berbagai platform linimassa. Tak cuma dari kalangan Muhammadiyah, tapi juga dari kalangan Nahdliyin, hingga lintas agama. Dari pejabat hingga rakyat jelata.

"Saya bersaksi, Buya orang yang berhati bersih, bernurani jernih, segalanya dilakukan untuk umat dan bangsa. Ya Allah, bangsa ini sungguh kehilangan mutiaranya. Ya Allah...," cuit @AlissaWahid.

Baca juga : Buya Syafii Wafat, PGI: Selamat Jalan Guru Bangsa

Para Gubernur juga mengungkapkan rasa duka yang sama. Di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ya Allah. Buya, kami seluruh tumpah darah Republik ini bersaksi bahwa engkau orang baik. Engkau tauladan, panutan kami dalam beragama dan bernegara," tulis @ganjarpranowo.

Baca juga : Ganjar: Buya Syafii Tokoh Panutan Yang Selalu Menyejukkan

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka atas wafatnya Buya Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif. Bangsa Indonesia kehilangan sosok intelektual muslim yang menginspirasi. Sisi humanis Buya Syafii dan aspek perdamaiannya begitu kuat, menjadi warisannya bagi kita saat ini," timpal @aniesbaswedan.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo juga menyampaikan ucapan duka cita. "Innalillahi wa innailaihi roji'un. Saya mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian Bapak Bangsa, Buya Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif. Mari kita doakan semoga almarhum Husnul Khotimah & seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan," tulis @ListyoSigitP.

Baca juga : Buya Syafii Wafat, Menteri Siti: Semoga Husnul Khatimah

Kalangan politisi tak ketinggalan. Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono misalnya. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Saya & keluarga Besar @pdemokrat menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya Buya Syafi’i Maarif, sesepuh @muhammadiyah. Kesederhanaan & konsistensi sikap beliau adalah inspirasi bagi saya," cuit @AgusYudhoyono.

"Innalillahi wainnailaihi raajiun. Turut berduka kepergian seorang tokoh bangsa n cendekiawan yg bijak. Smg alm Buya Syafii Maarif diberi tempat terbaik di sisi Allah. Al Fatihah," sahut @fadlizon. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.