Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Presiden Kunker Ke Solo

Jokowi Negarawan, Gibran Profesional

Senin, 30 Mei 2022 06:55 WIB
Presiden Jokowi di sela kunjungannya ke Taman Kota Balekambang, Solo, Kamis (26/5). (Foto : Instagram @Jokowi).
Presiden Jokowi di sela kunjungannya ke Taman Kota Balekambang, Solo, Kamis (26/5). (Foto : Instagram @Jokowi).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjadi anak Presiden sekaligus Wali Kota Solo, bukan berarti Gibran Rakabuming Raka mendapat perhatian lebih dari sang ayah.

Momen menarik ini terjadi ketika Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Solo, Jawa Tengah. Saat ditanya soal kinerja Gibran, Jokowi mengaku tidak mengikuti karena sibuk dengan pekerjaannya sendiri.

“Waduh, saya nggak ngikuti (kinerja Gibran). Tugas dan pekerjaan saya sendiri banyak sekali,” kata Jokowi di sela kunjungannya ke Taman Kota Balekambang, Solo, Kamis (26/5).

Jokowi justru meminta wartawan menanyakan langsung ke Gibran. “Tanya ke Pak Wali,” tegasnya.

Baca juga : Ketum PGI Usulkan Buya Syafii Jadi Pahlawan Nasional

Meski tak mengikuti perkembangan kinerja Gibran, Jokowi menyebut Pemerintah Pusat akan terus mendukung program yang akan dijalankan Pemerintah Daerah (Pemda). Termasuk pelestarian seni budaya di Solo.

“Semua yang berkaitan dengan seni budaya, Pemerintah akan terus dorong. Di mana pun,” tegasnya.

Jokowi menginginkan kegiatan seni dan budaya bangkit lagi setelah dua tahun terhenti karena pandemi Covid-19. Aktivitas seni diperlukan untuk terus memelihara budaya di Indonesia.

“Sudah dua tahun ini vakum, tidak ada kegiatan. Saya harapkan, setelah pandemi bisa kita kendalikan,” tuturnya.

Baca juga : Kunker Ke Bali, Jokowi Hadiri GPDRR 2022 & Bertemu Wapres Zambia

“Kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi. Seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita,” jelas Jokowi.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah titik di Kota Solo setelah menikahkan adiknya, Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Selain Balekambang, Jokowi juga menyapa warga di Pasar Mojosongo, Pasar Gede, Pasar Gading dan Pasar Harjodaksino.

Meski dicueki, Gibran mengaku selalu melaporkan perkembangan daerahnya kepada Jokowi. Salah satu yang dilaporkan terkait kondisi pasar tradisional di Solo yang mulai bangkit setelah pandemi Covid-19.

Baca juga : Jokowi Ngajak Satu Hati Dan Satu Perasaan

“Perkembangannya selalu kita laporkan. Makanya kemarin kita ajak (Presiden Jokowi blusukan) ke pasar-pasar yang belum tersentuh,” kata Gibran.

Netizen menilai, sikap Jokowi sudah benar. Presiden sebagai kepala negara punya kesibukan yang tinggi dan harus lebih mementingkan rakyat, bukan secara khusus mengikuti kinerja Wali Kota Solo.

Akun @MurtadhaOne1 mengunggah video yang mengungkap detik-detik Gibran dicuekin Presiden Jokowi. Dalam video terlihat Gibran sedang menunggu Jokowi turun dari mobil. Namun, bukannya menyapa Gibran, Jokowi justru langsung berjalan ke arah warga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.