Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Calon Jemaah Haji Tahun Ini, 95 Persen Sudah Divaksin

Rabu, 1 Juni 2022 09:15 WIB
Petugas kesehatan sedang melalukan vaksinasi Covid-19. (Foto: Kemenkes)
Petugas kesehatan sedang melalukan vaksinasi Covid-19. (Foto: Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini penyelenggaraan ibadah haji kembali dibuka setelah sempat terhenti selama  dua tahun.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan bahwa pada musim ibadah haji tahun ini ada dua syarat yang harus dipenuhi oleh calon jemaah yakni jemaah berusia di bawah 65 tahun dan telah mendapatkan vaksinasi primer Covid-19 yang diakui Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Terkait dengan hal ini, Kementerian Kesehatan memastikan bahwa 90 persen calon jamaah haji telah divaksinasi dosis lengkap Covid-19.

Baca juga : Angkut Jemaah Haji, Garuda Indonesia Siapkan 7 Pesawat Berbadan Lebar

Hal ini diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugara disela pelepasan Petugas Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Bidang Kesehatan Arab Saudi 2022, Selasa (31/5).

“Di Arab Saudi yang menjadi syarat itu dua dosis, sekarang sudah hampir 95 persen jamaah yang sudah divaksinasi dosis satu dan dua,” ujarnya.

Untuk meningkatkan imunitas jemaah, Kunta Wibawa menyebutkan bahwa pemerintah juga mengupayakan pemberian vaksiansi booster kepada seluruh jamaah.

Baca juga : Bayar Tol Nirsentuh Miliki Banyak Benefit

“Booster sekarang sudah mencapai 74 persen, harapannya mungkin bisa 90-an persen,," ujarnya.

Jelang keberangkatan jemaah haji ke tanah suci, Kemenkes bersama stakeholder terkait terus menggalakkan vaksinasi booster di 13 embarkasi di seluruh Indonesia yakni embarkasi Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin dan Lombok.

“Kita kerja sama dengan Pemda, Dinkes dan TNI untuk melakukan vaksinasi booster di embarkasi-embarkasi. Kita dorong terus vaksinasi untuk ditingkatkan dan dipercepat,” pungkas Kunta Wibawa. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.