Dark/Light Mode

Saling Tukar Cinderamata,KPK Girang Dikunjungi FBI

Jumat, 5 Juli 2019 21:34 WIB
Ketua KPK Agus Rahardjo menerima  Deputi Director of FBI David Bowdich, bersama 8 delegasi lainnya di Gedung KPK, Jumat (5/7)
Ketua KPK Agus Rahardjo menerima Deputi Director of FBI David Bowdich, bersama 8 delegasi lainnya di Gedung KPK, Jumat (5/7)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menerima kunjungan kehormatan dari Federal Bureau of Investigation (FBI), Jumat (5/7). 

Kunjungan ini merupakan perpanjangan kerja sama antara KPK dan FBI yang telah terjalin sejak 2008. Dalam kunjungan itu hadir David Bowdich, Deputi Director of FBI, bersama 8 delegasi lainnya. 

Baca juga : Sampai Tadi Siang, Lebih dari 52 Ribu Orang Kunjungi Ancol

Kunjungan kehormatan ini diterima langsung oleh 3 komisioner KPK, yaitu Agus Rahardjo, Alexander Marwata dan Laode M. Syarief. "Kerja sama antara KPK dan FBI ini terus terjalin karena kedua lembaga tersebut memiliki visi yang sama. Yakni, memerangi korupsi secara global dan melaksanakan kerja sama dalam program-program yang relevan untuk mengatasi korupsi," ungkap Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jumat (5/7). 

Bentuk kerja sama nyata yang telah dilaksanakan antara KPK dan FBI adalah dalam penanganan kasus e-KTP.  

Baca juga : Geledah Ruang Kerja Mendag, KPK Sita Banyak Dokumen

Eks aktivis ICW ini mengungkapkan, KPK merasa sangat terbantu dan sangat menghargai keterlibatan secara langsung pihak FBI dan personelnya dalam penanganan kasus korupsi yang merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun itu. "Suksesnya KPK membongkar keterlibatan pejabat tinggi negara dalam kasus tersebut tidak lepas dari kerja sama yang baik dengan FBI," tutur Febri. 

Kerja sama dalam penanganan kasus tersebut tidak hanya membantu penyelesaian kasus, bamun juga menjadi media pembelajaran bagi KPK dalam menangani kasus lintas batas negara, yang tentunya lebih kompleks dan menantang. 

Baca juga : Baru 75 Persen Jamaah Yang Lunasi BPIH

Selain dalam penanganan kasus, KPK dan FBI juga bekerja sama dengan baik di berbagai kegiatan. Salah satunya, dukungan FBI dalam peningkatan kapasitas KPK melalui berbagai pelatihan dan workshop.  Komisi antirasuah berharap hubungan baik antara kedua lembaga dapat terus terjalin dengan baik dan kerjasama dapat terus dilanjutkan di masa mendatang.
Di akhir acara kedua lembaga saling memberikan penghargaan dan bertukar cinderamata sebagai tanda kerja sama yang telah berjalan baik selama ini. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :