Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Kumpul Di Jepara, Jawa Tengah

Puluhan Ribu Warga Desa Se-Indonesia Dukung Ganjar Capres 2024

Sabtu, 4 Juni 2022 16:53 WIB
Warga desa se Indonesia deklarasi dukung Ganjar Pranowo maju menjadi Capres di Jepara, Sabtu (4/6). (Foto: Istimewa)
Warga desa se Indonesia deklarasi dukung Ganjar Pranowo maju menjadi Capres di Jepara, Sabtu (4/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Puluhan ribu orang dari 32 provinsi di Indonesia berbondong-bondong datang ke Kabupaten Jepara yang dikenal dengan ‘Bumi Kartini’ mendukung Ganjar Pranowo menjadi calon Presiden pada Pemilu Presiden 2024.

Warga asal pulau Sumatera, Alfino (39) mengaku, sengaja datang untuk berkumpul bersama warga desa dari seluruh Indonesia dalam rangka bersatu dalam satu komitmen menjadikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo presiden periode 2024-2029. 

“Saya rombongan jauh dari Sumatera Selatan sengaja datang kesini untuk berkumpul mendukung Pak Ganjar,” tegasnya di lapangan Desa Bandengan, Kec/Kab. Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (4/6).

Menurut Alfino, kedatanganya ke Jepara sebagai bukti nyata bahwa pihaknya telah siap berjuang menjadikan mantan wakil rakyat dari PDI Perjuangan  itu menjadi Presiden 2024.

Hal senada disampaikan warga asal Surabaya, Jawa Timur, Wargiati (50). Ia mengaku, telah mendapatkan informasi adanya silaturahmi nasional para warga desa untuk berembuk, merumuskan strategi pemenangan Ganjar di Pilpres 2024.

Baca juga : Jawara Kuningan Dukung Sandi Capres 2024

“Setahu saya semua warga desa perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia akan hadir disini, saya dan rombongan ibu-ibu juga kesini mau dukung Pak Ganjar. Pokoknya sukses untuk Pak Ganjar,” ungkapnya. 

Sementara warga dari Pulau Sulawesi, Apriansyah (33) mengatakan, perjalanannya ke Jepara adalah bagian dari ikhitiar untuk memilih pemimpin Indonesia di 2024.

Ia mengaku, senang bisa berkenalan dengan banyak warga di seluruh Indonesia. Apriansyah menyebut telah mengenal warga Nusa Tenggara Timur, Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan, Maluku dan wilayah lainnya.

“Saya jadi kenal banyak orang disini. Saya kagum pendukung Pak Ganjar banyak dari seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Warga Jepara, Toni menyatakan, telah mendengar adanya acara dukungan untuk Ganjar. Ia mengungkapkan mengetahui beberapa kegiatan dalam perkumpulan tersebut, diantaranya bakal ada atraksi kapal nelayan, tari gambyong.

Baca juga : Ganjarist Klaim Sejumlah Relawan Jokowi Kasih Dukungan Buat Ganjar Di 2024

Tari Kreasi Nusantara angklung, devile bendera merah putih, ikrar relawan, deklarasi, pemecahan rekor rambut putih, dan hiburan.

“Ada ratusan UMKM di wilayah Jawa Tengah juga dilibatkan, semua gratis untuk warga,” ujarnya.

Sebelumnya, Koordinator deklarasi Desa untuk Ganjar, Handono menyampaikan, acara deklarasi akan dihadiri sebanyak 30 ribu orang dari masyarakat desa, tokoh desa, ulama desa, PKK desa, karang taruna, petani pedagang, hingga UMKM.

Relawan Desa untuk Ganjar Pranowo atau Des Ganjar menggelar deklarasi nasional di kawasan Pantai Bandengan, Kabupaten Jepara. Mereka menyatakan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah di Pilpres 2024 mendatang.

"Semua unsur masyarakat desa," ujar Handono.

Baca juga : Binaan IGBA Wakili Indonesia Di Turkey Junior Championship 2022

Handono menjelaskan, alasan pihaknya mendukung Ganjar lantaran Ganjar dianggap mengeluarkan kebijakan yang pro masyarakat desa. 

"Ketika masih jadi wakil ketua komisi II, beliau sering membantu kami jaringan desa yang waktu itu memperjuangkan Undang-Undang Desa," kata Handono. (MRA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.