Dark/Light Mode

Survei IPO: Anies, Ganjar Dan Prabowo Tertinggi

Airlangga Nyalip Di Tikungan AHY Disebut The Rising Star

Minggu, 5 Juni 2022 08:00 WIB
Indonesia Political Opinion (IPO) kembali merilis survei bursa capres menjelang Pemilu 2024. (Foto: YouTube)
Indonesia Political Opinion (IPO) kembali merilis survei bursa capres menjelang Pemilu 2024. (Foto: YouTube)

 Sebelumnya 
Di survei bursa parpol, PDIP masih ada di posisi puncak dengan elektabilitas 24,8 persen. Di posisi kedua, ada Partai Gerindra dengan 11,6 persen, dikejar Partai Demokrat dengan 10,8 persen. Selanjutnya, Partai Golkar 9,7 persen, PKB 9,2 persen dan Partai NasDem 5,9 persen.

Ketua DPP Partai Golkar Dave Akbarsyah Fikarno menepis asumsi tersebut. Menurutnya, Airlangga secara personal memiliki kemampuan tinggi sebagai pimpinan nasional, dan belum lama turun gunung sosialisasi capres karena sibuk di dalam pemerintahan.

“Lemah dari mana? Kalau kemampuan sebagai menteri berhasil. Ada buktinya. Ini pendapat pribadi atau hasil data. Kami dari awal mendorong Airlangga, karena ini kehendak seluruh kader Partai Golkar,” ujar Dave.

Baca juga : Survei IPO: Anies, Capres Dengan Elektabilitas Paling Stabil

Menurutnya, Pilpres 2024 masih 20 bulan lagi. Golkar akan berusaha keras mendongkrak elektabilitas Airlangga. Pun, mesin politik Beringin saat ini tengah melakukan pemetaan di seluruh daerah pemilihan untuk menempatkan kader terbaik untuk menjadi caleg.

“Sampai saat ini tidak ada calon lain bagi Golkar untuk capres. Intensitas Pak Airlangga, komunikasi langsung kan baru beberapa bulan terakhir. Sementara yang lain ada yang sudah nyapres berkali-kali, kami bisa main di tikungan,” pungkasnya.

Sementara, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan memiliki analisa lain. Menurutnya, elektabilitas Prabowo saat ini memasuki tren menurun.

Baca juga : Di Depan Presiden WEF, Airlangga Tegaskan Dukungan RI Terhadap Transisi Energi Berkelanjutan

“Prabowo tidak akan naik lagi, bahkan akan turun. Publik mencari siapa capres yang komit terhadap perubahan,” ujar Syarif.

Suami dari aktris Ingrid Kansil ini tanpa ragu mengungkapkan, saat ini ada duet rising star. Yaitu, Anies-AHY. Konon, duet ini mencapai elektabilitas 27 persen.

Sementara AHY, sempat disurvei nomor empat capres dan selalu pertama di bursa cawapres.

Baca juga : Survei SMRC: Prabowo Sangat Dikenal Tapi Kurang Disukai

“Artinya, rakyat sudah menemukan sosok rising star yang kebetulan Ketua Umum Demokrat,” katanya.

Untuk diketahui, survei IPO ini digelar melalui wawancara dengan sistem tatap muka dan sambungan telepon dengan total 1.200 responden di seluruh Indonesia.

Metode ini, memiliki pengukuran kesalahan atau margin of error sebesar 2,90 persen, dengan tingkat akurasi data 95 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.