Dark/Light Mode

Nonton Bareng Formula E

Anies-AHY Sedot Perhatian Publik

Minggu, 5 Juni 2022 07:35 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (kanan) melakukan salam komando dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat menghadiri ajang balapan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Sabtu (4/6/2022). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (kanan) melakukan salam komando dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat menghadiri ajang balapan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Sabtu (4/6/2022). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kedekatan kedua tokoh muda ini menarik perhatian publik. Duet Anies-AHY belakangan gencar disebut-sebut sebagai pasangan kuda hitam yang mampu melawan pasangan bakal capres-cawapres kuat lainnya.

Dalam survei nasional yang dilakukan periode 23-28 Mei 2022 oleh Indonesia Political Opinion (IPO), pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas 27,1 persen, lebih tinggi dari pasangan Puan Maharani-Ganjar Pranowo (26,8 persen),

Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo (18,5 persen), atau Puan Maharani-Erick Thohir (14,6 persen). Tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen, dengan margin of error 2,9 persen.

Baca juga : Antara Subsidi Pertalite Dan Pupuk

Menurut IPO, Anies-AHY dianggap paling pas mewakili kekuatan nasionalis-religius yang selama ini mewarnai panggung politik Indonesia, sekaligus mengakhiri politik polarisasi yang nyaris membelah Indonesia.

Selain itu, dengan usia 40-50-an tahun, mereka dianggap lebih tepat mewakili anak-anak muda Indonesia yang jumlahnya kian mendominasi masyarakat Indonesia. Diperkirakan pada Pemilu 2024, jumlah pemilih muda mencapai sekitar 65 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

AHY dan Anies juga memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin arus perubahan, perbaikan, dan membawa Indonesia menjadi warga dunia yang aktif terlibat ikut menyelesaikan berbagai persoalan global.

Baca juga : Formula E Sandingkan Anies-Puan

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengapresiasi soal kemungkinan pasangan capres-cawapres ini meskipun enggan berspekulasi lebih jauh.

“Tugas kami terus mening­katkan elektabilitas partai dan Ketum AHY. Untuk urusan koalisi, kami percayakan pada Ketua Majelis Tinggi Partai Bapak SBY dan Mas Ketum AHY yang pasti sudah punyastrategi,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, kader Demokrat sangat percaya partainya akan memperoleh koalisi yang kuat untuk berjuang bersama.

Baca juga : Formula E Sukses, Anies: Kami Tidak Akan Berhenti Di Sini

“Tiap hari kami menangkap aspirasi perubahan dan perbaikan di tingkat akar rumput. Kami yakin tidak ada partai politik yang mau ketinggalan dalam arus perubahan zaman ini,” pungkas Herzaky. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.