Dark/Light Mode

Atap Tribun Ajang Formula E Ambruk

DPRD: Ingat, Ini Alarm Buat Kerek Keamanan Penonton

Selasa, 31 Mei 2022 07:30 WIB
Pekerja membongkar atap tribun penonton sirkuit Formula E yang roboh untuk diperbaiki di Ancol, Jakarta, Minggu (29/5/2022). Atap tribun penonton sirkuit Formula E yang roboh pada Jumat (27/5) malam akibat diterjang angin kencang itu mulai diperbaiki. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz).
Pekerja membongkar atap tribun penonton sirkuit Formula E yang roboh untuk diperbaiki di Ancol, Jakarta, Minggu (29/5/2022). Atap tribun penonton sirkuit Formula E yang roboh pada Jumat (27/5) malam akibat diterjang angin kencang itu mulai diperbaiki. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyelenggara Formula E diharapkan meningkatkan keamanan untuk penonton menyusul peristiwa ambruknya atap Tribun Sirkuit, Jumat (27/5). Apalagi, fasilitas tersebut selama ini belum diuji coba.

Permintaan itu disampaikan Wakil Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo. Ditegaskannya, kejadian tersebut harus menjadi alarm bagi panitia untuk meningkatkan keamanan.

Anggara menuturkan, pembangunan sirkuit Formula belum sempat dilakukan sejumlah uji coba. Kondisi itu berisiko terhadap keselamatan penonton.

Baca juga : DPR: Negara Lain Juga Pakai Aplikasi Serupa PeduliLindungi

“Saya dengar pembangunan sirkuit itu paling cepat di antara negara-negara lain. Karena itu, kita harus pastikan bahwa semuanya ideal pada hari pelaksanaan dari segala sisi,” ingat Anggara di Jakarta, kemarin.

Dia bersyukur, tidak ada korban jiwa saat atap tribun ambruk. Namun, dia meminta, kejadian ini menjadi perhatian serius panitia.

“Panitia harus berbenah, waktunya sudah sangat mepet. Kami berharap panitia bisa memastikan pada hari pelaksanaan tidak ada kejadian serupa,” ujarnya.

Baca juga : LIB Pastikan Penutupan Liga 1 Digelar Di Bali Tanpa Penonton

Kejadian ini, lanjut Anggara, harus jadi momentum bagi panitia untuk memastikan kembali kesiapan acara. “Kita tentu berharap agar acara berjalan dengan lancar. Selain masalah keselamatan, gengsi di mata internasional harus dijaga,” imbuhnya.

Dia menekankan, kegiatan Formula E harus tetap dipertanggungjawabkan pasca acara. Karena, ada pembiayaan APBD dalam event itu.

Sebagai informasi, atap tribun sirkuit Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara, ambruk, pada Jumat (27/5) malam. Video dan foto-fotonya beredar di media sosial.

Baca juga : Rachmat Gobel Ajak Jepang Berinvestasi Di IKN, Ini 3 Alasan Pentingnya

Dari foto itu, tampak atap berwarna putih ambruk. Dan, tiang penyangganya roboh.

Ketua Panitia Formula E Ahmad Sahroni membenarkan ambruknya atap tribun tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.