Dark/Light Mode

Jokowi Senyum-senyum

Formula E Sandingkan Anies-Puan

Minggu, 5 Juni 2022 07:08 WIB
Presiden Jokowi, Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Instagram Puan)
Presiden Jokowi, Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Instagram Puan)

 Sebelumnya 
Keakraban Anies dan Puan di arena Formula E ini, dikait-kaitkan dengan Pilpres. Wacana menduetkan Anies-Puan memang muncul awal pekan lalu, saat orang dekat Jusuf Kalla berangkat umrah bareng Puan. Orang dekat JK itu adalah Komjen Pol (Purn) Syafruddin, mantan Wakapolri yang sekarang menjabat Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Syafruddin dikenal sebagai salah satu orang kepercayaan JK. Dikabarkan, JK sudah beberapa kali menemui Puan dan meminta berpasangan dengan Anies.

Apakah mungkin Anies-Puan berduet? Politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan, kemungkinan itu masih terbuka. Kata dia, pada tahapan ini, semua masih terbuka. Semua imajinasi, spekulasi, komunikasi aspirasi, intensi, masih terbuka.

Baca juga : Indonesia Makin Wangi Di Dunia

“Puncaknya pada tenggat waktu pendaftaran paslon September 2023. Semua orkestrasi prosesual merupakan kewenangan Ketum,” kata Hendrawan, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menganalisis, duet Anies-Puan sangat mungkin terjadi. Sekarang tingal bagaimana sikap Jokowi. Mau mendukung Puan atau Ganjar Pranowo.

“Tampaknya, kalau Anies-Puan terwujud, keduanya akan saling melengkapi,” kata Hensat, sapaannya, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Di Samping Jokowi, Formula E Sandingkan Anies-Puan

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI ini menambahkan, Anies dan Puan sama-sama orang cerdas. Puan punya kelebihan lain yaitu anak dan cucu presiden. “Sangat mungkin juga PDIP menggunakan tiketnya di pilpres untuk diberikan kepada Anies-Puan. Sangat menguntungkan. Dan, yang paling penting bisa menyatukan umat,” jelasnya.

Terkait keakraban Anies-Puan di panggung Formula E, Hensat menduga bisa saja berlanjut, dan memunculkan gimmick politik baru yaitu Poros Ancol.

Senada dikatakan Pengamat Politik Jamiluddin Ritonga. Kata dia, jika dua tokoh politik tersebut dipasangkan di Pilpres 2024, maka akan mewakili Islam Nasionalis. Jika berhasil dipasangkan, duet Anies-Puan itu merupakan cerminan masyarakat Indonesia. “Keduanya akan mendapat dukungan dari pendukung nasionalis dan religius,” ucapnya.

Baca juga : Ketua Umum IMI Pastikan Formula E Siap Digelar Di Jakarta

Namun, dia mewanti-wanti ada pekerjaan rumah besar bagi duet ini. Yakni, meningkatkan elektabilitas Puan. "Waktu setahun lagi cukup dimaksimalkan untuk meningkatkan elektabilitas," sarannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.