Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Projo: Parpol Jangan Khawatir, Kami Bukan Underbow Partai Mana Pun

Rabu, 8 Juni 2022 09:44 WIB
Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi (kiri) bersama Presiden Jokowi (kedua kiri) di sela acara Rakernas V Projo di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada 20-22 Mei 2022. Di belakangnya, tampak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi (kiri) bersama Presiden Jokowi (kedua kiri) di sela acara Rakernas V Projo di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada 20-22 Mei 2022. Di belakangnya, tampak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bendahara Umum DPP Pro Jokowi (Projo) Panel Barus menegaskan, organisasi yang dipimpinnya bukanlah underbow atau sayap parpol mana pun. 

Menurutnya, Projo hanya organisasi massa yang bergerak dalam urusan politik.

"Projo lahir pada 2013 untuk mendorong Jokowi sebagai calon presiden, setelah sukses di Solo dan Jakarta. Gerakan itu kemudian disambut oleh partai politik," kata Panel dalam keterangan persnya, Rabu (8/6).

Panel menjelaskan, Projo lahir sebagai ormas politik, karena ada kemandegan dalam saluran politik formal dalam melahirkan kepemimpinan nasional yang dicintai rakyat.

Baca juga : Perindo: Kesejahteraan Rakyat Bukan Hanya Isu, Tapi Gerakan Masif

Selain itu, menurutnya, saluran politik formal juga agak mandeg dalam melahirkan kebijakan yang pro rakyat.

Dalam waktu dekat, Projo akan menggelar Musyawarah Rakyat (Musra) sesuai keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 20-22 Mei lalu.

Musra akan menggali dan menyerap lebih dalam kehendak rakyat, terkait kepemimpinan nasional dan program pembangunan ke depan. Serta menjadi mekanisme demokrasi. Rakyat dipastikan ikut terlibat dan berpartisipasi dalam menentukan pemimpinnya.

"Projo bergerak dan bertindak sesuai arahan Jokowi, yang merupakan Ketua Dewan Pembina. Dalam pidatonya, Jokowi sudah mengingatkan, agar Projo Ojo Kesusu dalam menyambut Pilpres 2024. Kami akan terus menggali kehendak rakyat, dan terus menyerap aspirasi rakyat," tutur Panel.

Baca juga : Puan Panjatkan Doa Untuk Eril Dari Tanah Suci

Dia menambahkan, Projo akan terus berhubungan dan berkomunikasi dengan semua pihak, termasuk parpol dalam urusan kepemimpinan nasional ke depan.

"Projo menyadari sepenuhnya, yang dapat mencalonkan capres dan cawapres hanya parpol. Tetapi, setiap warga negara Indonesia punya hak untuk mengekspresikan capres pilihannya," jelas Panel.

Sejauh ini, imbuhnya, Projo kerap bekerja sama dengan PDIP, NasDem, Golkar, PPP, PAN dan partai lainnya dalam melahirkan kepemimpinan di daerah.

Karena itu Projo akan terus bergerak dan berupaya menjembatani antara kehendak rakyat, para calon, dan parpol. Kolaborasi ini akan terus dilakukan untuk kemajuan bangsa.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan, Pancasila Jangan Sekadar Jadi Hafalan Tanpa Implementasi Nyata

"Jadi, parpol tidak perlu risau dengan sepak terjang Projo Kami terbuka menjadi mitra bagi pihak mana pun, dalam kerangka melahirkan kepemimpinan yang setia di garis rakyat. Kami setia menjalankan program-program yang pro rakyat," tandas Panel. ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.