Dark/Light Mode

Airlangga Cs Usung Capres Yang Lanjutkan Cita-cita Jokowi

Kamis, 9 Juni 2022 07:30 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). (Foto: ANTARA).
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). (Foto: ANTARA).

 Sebelumnya 
“Karena ini kan situasi yang tidak pernah terjadi, unprecedented sebelumnya. Sehingga tentu untuk bisa menangani persoalan ini kru-nya harus pengalaman, harus punya jam terbang tinggi,” ungkapnya.

Faktor selanjutnya, yakni soal ideologi dari capres tersebut. KIB yang tujuan pendiriannya untuk mengakhiri perpecahan anak bangsa, harus didukung oleh capres yang bisa menyatukan semua aliran. Tidak ada lagi kubu cebong dan kampret.

“Itu salah satu hal yang didorong karena politik aliran tidak bisa dilepaskan dari tentunya yang super kiri dan super kanan. Kita tidak cari yang ekstrem,” jelas mantan Menteri Perindustrian itu.

Baca juga : Jepang Ancam Pulangkan Turis Asing Yang Ogah Pakai Masker

Berikutnya, yakni soal pengalaman capres di kancah politik. Tokoh tersebut bukan politisi karbitan yang ujug-ujug Jam terbang perlu teruji. “Calon pasti harus memiliki pengalaman, pengalaman di pemerintahan, DPR, dan MPR. Di manapun,” ujar Airlangga.

Airlangga tidak menampik, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan punya elektabitas yang tinggi sebagai capres. Persoalannya, kedua kepala daerah itu bukan kader dari 3 partai di KIB.

“Ganjar kan bukan dari tiga partai ini, jadi itu sudah jelas. KTA (kartu tanda anggota)-nya kan bukan dari Golkar, bukan dari PPP, bukan dari PAN. Jadi saya pikir itu sudah jelas lah,” tegas Airlangga.

Baca juga : Jagoan Mega Akan Melawan Jagoan Jokowi

Pengamat Politik dari Universitas Airlangga, Prof Kacung Marijan menganggap wajar bila KIB ingin mengusung capres dari kalangan internal.Tapi ke depannya KIB bakal dilema karena tujuan terbentuknya KIB adalah meraih kemenangan. “Ya yang akan muncul juga calon-calon yang sekarang ini sudah muncul,” beber Kacung.

Lagian, dibentuknya KIB, kata dia, adalah untuk menang. Termasuk memenangi Pilpres dengan memajukan kader lain. “Mereka akan mencalonkan seseorang yang berpotensi menang, bukan berpotensi kalah.” paparnya.

Sementara Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurniasyah menilai capres yang persiapkan KIB adalah Airlangga atau Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.