Dewan Pers

Dark/Light Mode

Digadang-gadang Jadi Capres, Andika Girang Banget

Jumat, 27 Mei 2022 07:19 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Istimewa)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sedang naik daun. Banyak pihak menggadang-gadang menantu Jenderal (Purn) AM Hendropriyono ini, sebagai capres untuk 2024. Andika pun girang banget namanya masuk radar capres.

Kegirangan itu tergambar saat Andika menjawab pertanyaan awak media, di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu (25/5), ihwal ketertarikan sejumlah partai politik terhadapnya. Andika menjawabnya sambil senyum. Dia menyatakan, menghargai munculnya dukungan sejumlah pihak yang mendorong dirinya nyapres.

"Terima kasih banyak atas dukungan dari banyak orang dan saya sangat menghargai sekali. Karena itu kan kepercayaan kepada saya pribadi maupun sebagai wakil dari institusi TNI," jawab Andika.

Berita Terkait : Digadang-gadang Jadi Capres 2024, Andika Tetap Cool

Kendati demikian, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu memastikan, masih fokus menjalankan tugas sebagai orang nomor satu korps baju loreng. "Yang jelas, sekarang saya masih bertugas sebagai Panglima TNI. Saya harus fokus kepada pekerjaan saya," ucapnya.

Sejak diangkat menjadi Panglima TNI, Andika memang banyak mencuri perhatian publik. Sikapnya yang tegas tapi humanis, pintar, berhubungan baik dengan banyak pihak, sampai postur tubuhnya yang kekar, membuat banyak pihak jatuh hati. Andika dianggap memenuhi semua syarat menjadi capres.

Di internal TNI, Andika juga banyak melakukan gebrakan. Dia tak segan menghukum prajurit yang terbukti bersalah, menghapus tes keperawanan bagi calon anggota TNI perempuan, sampai menghilangkan larangan keturunan PKI mendaftar jadi anggota TNI.

Berita Terkait : Cak Imin Mimpi? Bangun Dong

Beberapa poin ini menjadi daya tarik bagi parpol. Dalam jajak pendapat yang dilakukan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk mencari penerus Presiden Jokowi, nama Andika masuk. Dia bersanding dengan tokoh-tokoh yang beredar lebih dulu di survei capres seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan jurnalis Najwa Shihab.

Begitu pun dengan Partai NasDem. Anggota DPR Fraksi NasDem Muhammad Farhan menyatakan, partainya berupaya mengawinkan Rachmat Gobel dan Andika di Pilpres 2024. "Apabila diamati, ada dua nama yang baru saja diwacanakan untuk menjadi nama-nama capres yang mungkin diusulkan dalam Rakernas Partai NasDem di Jakarta nanti," sebut Farhan, Rabu (25/5).

Menurut Farhan, Andika-Gobel cocok karena mewakili pemilih yang berbeda. Andika sebagai sosok yang mewakili kader pemimpin nasional dari TNI. Sedangkan Gobel menjadi sosok yang menyeruak mewakili kader pemimpin nasional dari wilayah Timur Indonesia. "Dinamika munculnya dua nama baru itu membuat percaturan capres jadi sangat menarik," sambungnya.

Berita Terkait : Pilpres 2024, Andika Dan BG Diramal Jadi Kuda Hitam

Tidak ketinggalan, PKB ikut berusaha menggaet Andika. PKB menawarkan Andika berduet dengan Muhaimin Iskandar alias Imin. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menilai, Andika punya kapasitas untuk maju menjadi capres. "Bagus, Jenderal Andika punya kapasitas untuk maju menjadi capres," ucap Jazil.
 Selanjutnya