Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lestarikan Pencak Silat

Teman Sandi Gelar Lomba Pencak Silat Tjimande Di Lampung Selatan

Sabtu, 11 Juni 2022 23:57 WIB
Lestarikan Pencak Silat Teman Sandi Gelar Lomba Pencak Silat Tjimande Di Lampung Selatan

RM.id  Rakyat Merdeka - Teman Sandi mengadakan aneka lomba dan kegiatan sosial di Lampung Selatan, Sabtu (11/6). Salah satunya lomba Seni Rampak Silat Aliran Tjimande/Kesti Tjimande Tari Kolot Kebun Djeruk Hilir (TTKKDH).

Lomba yang digelar sebagai upaya melestarikan seni beladiri ini berlangsung di sebuah lapangan bola yang berlokasi di Jalan Muchtar No.1, Taman Agung, Kec. Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35551.

Lomba ini diikuti tim dari 11 desa yang masing-masing anggotanya maksimal berjumlah 10 orang. Ada tiga juara yang diambil untuk kemudian mendapat hadiah dari Teman Sandi.

Pencak Silat Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) menjadi salah satu awal mula kelahiran seni beladiri asli nusantara, yakni seni Pencak Silat.

Baca juga : Perluas Jaringan, Central Group Gelar Rekrutmen Besar-Besaran Di Jakarta

Perguruan yang lebih dikenal dengan Silat Tjimande ini tersebar di Banten, Jabar dan Lampung. TTKDH diperkirakan telah ada sejak 1770.

Dahulu sebelum menjadi perguruan resmi, seni silat ini sering digunakan oleh para pejuang kemerdekaan untuk melawan Belanda. Namun kini, saat telah merdeka, seni silat Cimande lebih sering dipertunjukkan sebagai seni bela diri. 

Teman Sandi berharap, dengan kegiatan ini, Pencak Silat Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir lebih dikenal oleh masyarakat dan dapat dilestarikan sebagai warisan budaya bagi penerus generasi selanjutnya.

Para peserta juga turut menyampaikan dukungan dan deklarasi kepada Sandiaga Uno. Mereka berharap Sandiaga mampu meningkatkan kreativitas masyarakat dan berharap agar  seni bela diri dapat lebih berkembang lagi.

Baca juga : Teman Sandi Gelar Lomba Mancing Dan Pingpong Di Sleman

Ketua Umum Teman Sandi, Nurlina Nuha Amedyan meyakinkan bahwa Sandiaga Uno mampu membangkitkan ekonomi rakyat Indonesia jika menjadi presiden di tahun 2024.

"Sandiaga Uno mampu meningkatkan kreativitas masyarakat bahkan millenial dan terbukti bahwa Sandiaga Uno dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia." tegasnya.

Masih berada di Jalan Muchtar No.1, Taman Agung, Kec. Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35551,Teman Sandi menuju ke salah satu rumah peserta untuk melaksanakan lomba masak.

Lomba tersebut diikuti oleh sembilan tim emak-emak yang masing masing beranggotakan lima orang. Dari lomba tersebut tiga pemenang akan memperoleh doorprize dari pihak Teman Sandi.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan, Pancasila Jangan Sekadar Jadi Hafalan Tanpa Implementasi Nyata

Lomba masak tersebut diharapkan dapat membangun kekompakan, solidaritas dan dapat mengasah keahlian memasak.

Dari lomba ini, emak-emak menyampaikan dukungannya kepada Sandiaga Uno. Harapannya, Sandiaga Uno mampu meningkatkan UMKM dan memperluas lapangan kerja bagi masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.