Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawannya Terus Deklarasi

Ganjar Dihidup-hidupkan

Senin, 13 Juni 2022 07:59 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hampir tiap hari, di berbagai daerah, kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo terus saja menggelar deklarasi capres. Para relawan ini tidak peduli dengan kemelut yang terjadi antara PDIP dengan Ganjar. Meskipun peluang jagoannya mengantongi tiket nyapres dari PDIP nyaris padam, Ganjar tetap saja dihidup-hidupkan lewat serentetan deklarasi capres.

Belakangan ini, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah itu memang cukup mentereng. Pada sejumlah survei, Ganjar sudah berada di posisi puncak, meninggalkan 2 pesaingnya; Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Namun, di internal PDIP, peluang Ganjar untuk diusung sebagai capres cuma selubang jarum. Kalangan elit PDIP, lebih condong mendorong putri Megawati Soekarno Putri yang juga Ketua DPR, Puan Maharani untuk nyapres. Tak hanya mendorong Puan, para loyalisnya juga berupaya memadamkan pamor dari Ganjar. Jateng 1 itu diserang dan mulai dicari-cari kesalahannya.

Baca juga : Ribuan Emak-Emak Banten Deklarasi Dukung Ganjar Capres 2024

Kalau di PDIP Ganjar coba dipadamkan, di kalangan para relawannya, gubernur 2 periode itu malah terus dihidup-hidupkan. Berbagai kelompok relawan dari latar belakang yang berbeda-beda makin masif menggelar deklarasi.

Kemarin, ribuan emak-emak berkumpul di Gedung PKPRI, Kota Serang, Banten. Mereka menggelar deklarasi Ganjar Capres 2024. Relawan ini menamakan diri sebagai Mak Ganjar Banten.

Selain deklarasi capres, kegiatan itu juga diisi dengan senam sehat yang diikuti oleh ribuan ibu-ibu dari berbagai kalangan. Selanjutnya, acara ditutup dengan kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako.

Baca juga : Emak-emak Militan Se-Jabar Deklarasi Dukung Ganjar

Koordinator Mak Ganjar Banten, Eni Saeni mengatakan Ganjar sosok yang sederhana, cerdas dan mau berjuang untuk rakyat. "Itu yang kami lihat dari sosok Pak Ganjar," kata Eni usai deklarasi. Menurut dia, Ganjar telah membuktikan kepeduliannya kepada kaum perempuan dengan berbagai kebijakan di Jateng dengan memasarkan produk UMKM.

Di hari yang sama, kelompok  masyarakat, seperti tokoh adat, guru yoga dan komunitas pecinta kopi di Bali juga menggelar dukungan untuk Ganjar. Deklarasi pertama dilakukan oleh tokoh adat dan guru Yoga di Kabupaten Gianyar, Bali.

Ketua DPC Sahabat Ganjar Gianyar, Wayan Semana berterima kasih kepada guru yoga dan tokoh adat yang berada di Gianyar.  "Kita berjuang dan berdoa bersama supaya bapak Ganjar adalah sosok yang menjadi presiden pada periode 2024-2029 mendatang,” kata Wayan Semana.

Baca juga : Dukung Susi Nyapres, Relawan #KopiSusi Deklarasi Di Bekasi

Dukungan untuk Ganjar juga datang dari komunitas pecinta kopi yang berada di Tabanan, Bali. Sahabat Ganjar yang mengikut deklarasi komunitas tersebut juga menyaksikan prosesi pembuatan dari biji kopi sampai menjadi bubuk. “Sahabat Ganjar selalu bergerak setiap minggunya, untuk membantu, berinovasi dan mengenalkan sosok Ganjar Pranowo di seluruh Indonesia, termasuk di Bali dengan berbagai kegiatan kreatif dan bermanfaat,” ungkap Wayan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.