Dark/Light Mode

45 Partai Politik Beralamat Fiktif

Ada Rumah Kosong, Kantor Travel Dan Toko Sembako

Rabu, 15 Juni 2022 06:40 WIB
Ketua KPU Hasyim Asyari bersama beberapa anggota KPU lainnya saat memberikan keterangan pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022). (Foto : Istimewa).
Ketua KPU Hasyim Asyari bersama beberapa anggota KPU lainnya saat memberikan keterangan pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022). (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Untuk itu, Hasyim mengimbau parpol mendaftar lebih awal seh­ingga jika ada kekurangan doku­men dapat segera dilengkapi.

Diketahui, tahapan Pemilu 2024 dimulai pada 14 Juni 2022. Sedangkan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu pada 29 Juli-13 Desember 2022.

Netizen menyesalkan ban­yak parpol yang menggunakan alamat fiktif saat mendaftar ke Kemenkumham.

Baca juga : Polri Perpanjang Waktu dan Ruas One Way Di Tol

Akun @Alonso kaget banyak parpol yang beralamat fiktif. “Kok bisa? Alamat kantor saja fiktif. Kalau jadi berkuasa se­muanya fiktif dong,” kata dia.

Akun @Willyboy menyesal­kan banyaknya parpol yang mencantumkan alamat fiktif. “Parpol modal dengkul itu, nggak mampu ngontrak kantor partai,” kritiknya.

Akun @Marsudi menuding pengurus parpol yang berala­mat fiktif sebagai kelompok pengangguran yang bikin partai demi untuk mendapat kursi atau jabatan yang bertujuan mengu­ras uang negara. “Mereka jualan atas nama rakyat,” kritiknya.

Baca juga : 4 Tips Sederhana Bikin Bukber Di Rumah Makin Spesial Dan Semarak

Akun @prima_or_id menilai, tahapan pengisian SIPOL yang ditetapkan KPU menyulitkan parpol yang akan mendaftar. Sebab, waktu yang diberikan hanya 40 hari untuk memasuk­kan 780 ribu basis data.

“Hanya perlu 40 hari un­tuk memasukkan 780 ribu ba­sis data? Emangnya seluruh Indonesia sistem informasinya sudah lengkap 7G? Besar pasak daripada tiang,” sambung @baho_arkilaus.

“SIPOL KPU sekarang pal­ing rumit di dunia, parpol baru maupun lama dipersulit untuk mendaftar,” ujar @AlifKamal_.

Baca juga : Asabri Beri Apresiasi Ke Mitra Bayar Dan Kantor Cabang Terbaik 2021

Akun @KPU_ID mengata­kan, Ketua KPU Hasyim telah mengarahkan jajarannya untuk membantu dan melayani parpol dalam penggunaan SIPOL.

“KPU akan mengoptimalkan Sipol sebagai alat bantu. Hal ini tidak akan mengurangi fungsi Sipol yang lebih menjamin transparansi dan akuntabilitas partai politik untuk menjadi peserta pemilu,” ujar @rumah­pemilu. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.