Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Polisi Sidak Ke Indomaret-Alfamart

Migor Kosong Bukan Hoaks

Selasa, 8 Februari 2022 08:40 WIB
Minyak goreng Rp14 Ribu ludes di salah satu Indomaret. (Foto: Istimewa).
Minyak goreng Rp14 Ribu ludes di salah satu Indomaret. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kosongnya persediaan minyak goreng (migor) di minimarket, ternyata bukan hoaks. Hasil sidak yang dilakukan polisi ke Indomaret dan Alfamart, migor memang tidak ada. Rak-rak tempat migor di dua raja minimarket itu, kosong melompong.

Sejak Sabtu (5/2), Polisi melakukan peninjauan ke ritel modern di Jabodetabek, dan sejumlah daerah lainnya. Petugas masuk dan mengecek ketersediaan migor di Lottemart, Hypermart, Indomaret, dan Alfamart. Mulai dari melihat langsung di rak yang disediakan, sampai bertanya kepada pihak toko.

Baca juga : Pemprov DKI Sebut Kemahalan Bayar Formula E Bukan Masalah

Hasilnya, sama seperti yang dikeluhkan emak-emak. "Pada ritel-ritel modern kecil seperti Indomaret dan Alfamart, mayoritas ketersediaan kosong. Distribusi dilaksanakan antara 2-4 hari sekali," tutur Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Whisnu Hermawan, kemarin.

Berdasarkan tinjauan di lapangan, penyebab kekosongan adalah pengiriman dari distributor yang telat. Belum lagi panic buying yang menyebabkan antusiasme warga berbondong-bondong membeli migor ritel modern yang harganya sudah sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 14 ribu per liter.

Baca juga : Hari Pangan Sedunia: FFI Bersama Alfamart Donasikan 100 Ribu Kotak Susu

Sementara, ketersediaan migor di ritel-ritel modern besar seperti Lottemart dan Hypermart, masih aman. Distribusi dari distributor juga lancar, dan harga penjualan sesuai HET. "Petugas melakukan interview manager on duty atau kepala toko, melakukan pembelian minyak goreng, observasi aktivitas jual beli di ritel modern dan interview konsumen/masyarakat," terang Whisnu.

Polisi di daerah juga turun langsung menyikapi kosongnya migor ini. Polres Cianjur, Jawa Barat, misalnya, melakukan penyelidikan terkait dugaan penimbunan migor yang mengakibatkan kelangkaan di sejumlah pasar dan minimarket di daerahnya.

Baca juga : Tangkap! Giring Ke Ruang Isolasi

Kasat Reskrim Polres Cianjur, AKP Septiawan Adi menerangkan, pihaknya berkoordinasi dengan dinas dan instansi terkait guna mencari tahu penyebab pasti langkanya minyak goreng di sejumlah tempat. Termasuk melakukan sidak ke sejumlah titik hingga gudang distributor.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.