Dark/Light Mode

Moeldoko Resmi Buka Sekolah Staf Presiden

Jumat, 17 Juni 2022 13:53 WIB
Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko resmi membuka Sekolah Staf Presiden di Museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya, Senin, Jakarta Pusat Jumat (17/6). (Foto: Istimewa)
Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko resmi membuka Sekolah Staf Presiden di Museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya, Senin, Jakarta Pusat Jumat (17/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko resmi membuka Sekolah Staf Presiden. Launching pembukaan sekolah tersebut digelar di Museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya, Senin, Jakarta Pusat, Jumat (17/6).

"Sekolah Staf Presiden berupaya melahirkan negarawan masa depan. Kami memanggil talenta terbaik untuk berkolaborasi dan bergerak demi Indonesia maju," kata Moeldoko.

Dipaparkan dia, Sekolah Staf Presiden adalah program inkubator kepemimpinan nasional yang diselenggarakan selama 5 hari untuk upskilling dan reskilling para pemimpin muda untuk menjadi negarawan masa depan.

"Kantor Staf Presiden berupaya memilih talenta muda-mudi terbaik untuk belajar kerja-kerja strategis, taktis dan praktis di lingkungan Istana Kepresidenan," jelasnya.

Terselenggaranya Sekolah Staf Presiden ini, diungkap Moeldoko, merupaka hasil pengamatan dirinya dan Deputi KSP terhadap tenaga muda yang sudah berkecimpung di KSP.

Baca juga : Inilah Penentu Presiden 2024

"Mereka (tenaga muda KSP) mau bekerja. Tapi ternyata setelah dia masuk ke lingkungan KSP, ternyata betapa kompleksnya mengelola negara ini," imbuhnya.

Menurut Moeldoko, anak muda yang merupakan calon pemimpin bangsa ini. Dan untuk menyiapkan calon pemimpin itu, KSP memberikan ruang dan kesempatan bekerja sekaligus menggodok jiwa kepemimpinan mereka.

Moeldoko pun menceritakan pengalamannya saat jiwa kepemimpinannya digodok dan dipersiapkan negara.

"Saat saya menjadi Kapten, kira-kira tahun 1988. Saya satu-satunya Kapten yang diundang untuk mengikuti rapat pimpinan TNI, yang hadir jenderal semua. Dari situ saya banyak belajar menghadapi dan mengatasi berbagai persoalan negara yang rumit," bebernya.

Museum Sumpah Pemuda dipilih menjadi lokasi launching, dijelaskan Moeldoko, karena di tempat ini dahula para pemuda berkumpul.

Baca juga : 94 Persen Sekolah Sudah PTM Penuh

"Pemuda-pemudi berkumpul di sini dalam merumuskan Sumpah Pemuda. Untuk kepentingan masa depan Indonesia," ucapnya.

Untuk saat ini, peserta Sekolah Staf Presiden difokuskan untuk wilayah Jabodetabek. Untuk gelombang selanjutnya baru akan diperluas ke luar Jawa. Para peserta yang dinilai berbakat dan memiliki keterampilan, kata Moeldoko, akan direkrut oleh KSP. "Tapi harus diketahui, masuk KSP itu sangat ketat," cetusnya.

Frizky Febrian, salah satu tenaga muda KSP mengaku, mengabdi di KSP merupakan pintu untuk neraih mimpinya. Dia lahir dan besar di Pekan Baru, Riau. Orangtuanya adalah petani kelapa sawit.

"Di sini (KSP) saya bisa berkontribusi nyata dan terasa untuk publik banyak," ujarnya.

Frizky memiliki cerita unik saat harga minya goreng melambung tinggi. Di mana orangtua, kerabat dan tetangga yang rata-rata berprofesi sebagai petani kelapa sawit, menjadikan dia 'sasaran tembak' karena dianggap bagian dari pemerintah.

Baca juga : Moeldoko Bisa Jadi Kuda Hitam Di Pilpres 2024

Mereka mengeluh, protes dan bertanya kapan harga minyak goreng kembali stabil. Frizky pun mencoba menjelaskan kebijakan pemerintah dan alasan mengapa minyak goreng naik.

"Orang tua saya kan bergabung dalam kelompok petani sawit. Nah orangtua saya ini kemudian menyampaikan kepada kelompoknya," kata dia.

Pendaftaran Sekolah Staf Presiden ini dibuka mulai 16 - 29 Juni 2022 melalui website www KSP.go.id. Seleksi administrasi 30 Juni - 1 Juli 2022. Kemudian seleksi wawancara pada 7 - 13 Juli 2022. Pengumuman peserta yang lolos pada 18 Juli 2022. Peserta yang lolos berhak mengikuti penyelenggaraan Sekolah Staf Presiden selama lima hari, yakni 25 - 29 Juli 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.