Dark/Light Mode

Prediksi Rivalitas Ganjar vs Anies Di Pilpres 2024

Boleh Beda Pilihan, Persatuan Kudu Diutamakan

Minggu, 19 Juni 2022 06:55 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Kanan). (Foto : Istimewa).
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Kanan). (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil sejumlah survei Pilpres 2024, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, bersaing ketat. Tapi, kedua-duanya belum punya tiket.

Hasil beragam simulasi calon presiden (capres) 2024, muncul potensi persaingan antara Anies dengan Ganjar. Bahkan, head to head hingga putaran kedua.

Poliklitik mengunggah meme rivalitas antara Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang memakai blangkon dengan menggenggam erat tangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memakai surban. Disebutkan, “Game on”.

“Bila pada 2014 dan 2019 kita melihat ‘rivalitas’ antara Jokowi dan Prabowo, maka pada 2024 kemungkinan akan men­jadi panggung bagi @ganjar_pranowo dan @aniesbaswedan,” ujar Poliklitik.

Baca juga : Elektabilitas Banteng Terancam Terganggu

Poliklitik menyebut hampir semua lembaga survei menempatkan keduanya di posisi atas. Bersaing dengan Prabowo Subianto. Seperti hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, belum lama ini.

Dari hasil survei, Prabowo memang menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi (28,9 persen). Sementara Ganjar menyusul di posisi kedua (23,5 persen) danAnies di posisi ketiga dengan 14,6 persen.

Di luar ketiganya, menurut Poliklitik, elektabilitas tokoh lain bisa dibilang ‘jauh’. Paling mendekati ada Agus Harimurti dengan angka 6,1 persen, dan Sandiaga Uno (5,3 persen).

“Melihat hasil survei, sejumlah skenario bisa terwujud pada Pilpres 2024: Di mana pemilihan diikuti tiga capres: Prabowo, Ganjar, Anies; Prabowo duet sama Ganjar ; Prabowo duet sama Anies; Ganjar duet sama Anies. Ada yang lain?” tanya Poliklitik dalam caption-nya.

Baca juga : Mendagri Soroti Penyelesaian Persoalan Batas Negara

Akun @Dennysiregar7 memprediksi, dalam Pilpres 2024 kemungkinan Ganjar Pranowo vs Anies Baswedan. Kontestasi tersebut, jika terwujud, kata dia, persis pertarungan antara Prabowo vs Jokowi.

“Anies pemimpin pilihan umat, orang suci dan gak kenal kata korupsi, tapi kelebihan bayar,” kata @Niconicocoy memuji kepemimpinan Anies di Jakarta.

Menurut @Satria_Abimanyu BuzzerRp sampai pusing mencari kelemahan Anies Baswedan dalam memimpin Jakarta. Dia bilang, Anies gubernur rasa presiden.

“Anies masih bekerja untuk Jakarta dan tidak loncat dan ambil pusing soal Pilpres 2024. Kualitas pak Anies go in­ternasional,” kata @Pelipurlara.

Baca juga : Prabowo Diprediksi Hadapi Tantangan Ini Di Pilpres 2024

Akun @AdjiAha memastikan, Anies tidak pernah memanipulasi data kemiski­nan agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan anggaran yang besar bisa memberikan solusi dan bantuan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.