Dark/Light Mode

Amankan Pilkada Dan Pilpres 2024

Brimob Di Aceh Siapkan 4 Unit Pasukan Khusus

Jumat, 4 Februari 2022 07:40 WIB
Brimob Polda Aceh. (Foto: Istimewa)
Brimob Polda Aceh. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menyatakan siap ikut menyukseskan gelaran politik 2024. Paling tidak, Korps Brigade Mobil (Brimob) Aceh siapkan empat pasukan khusus untuk membantu mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) hingga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Aceh, Komisaris Besar (Kombes) Selamat Topan menyampaikan, untuk menjamin pesta demokrasi di Aceh, pihaknya telah membentuk berbagai unsur pasukan. Ini dilakukan agar seluruh tahapan Pilkada dan Pilpres berjalan sesuai harapan.

Topan mengatakan, unsur-unsur pasukan pengamanan khusus Pilkada dan Pilpres 2024 yang telah dibentuk adalah Kompi Taktis Penindakan Huru-Hara, Unit Taktis Pasukan Pelopor Reaksi Cepat, Detasemen Taktis Anti Anarkis dan Unit Taktis Sapu Jagat.

Baca juga : Kodim Jayawijaya Sebar Pasukan Di Lima Distrik

Menurutnya, ini merupakan upaya Brimob menyiapkan pasukannya yang mumpuni dan mampu bergerak cepat dalam situasi apapun. “Kita siapkan menghadapi kemungkinan konflik sosial atau kerusuhan pada Pemilu nanti,” jelas Topan dalam keterangannya, kemarin.

Sementara Wakil Komandan Satuan (Wadansat) AKBP Dr Beridiansyah menambahkan, untuk terus mengasah kemampuan dan keterampilan pasukan, pihaknya akan terus mengadakan latihan. Sehingga para personel diharapkan mempertajam keterampilan atau me-refresh kembali materi pelaksanaan tugas.

Dia berharap, pasukan yang telah dibentuk berlatih dengan penuh semangat, sesuai dengan motto “tiada hari tanpa latihan”. “Ingat motto, sekali melangkah, pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil, dan motto pengabdian “jiwa ragaku demi kemanusiaan,” tandasnya.

Baca juga : Hadapi Pemilu 2024, Perindo Panaskan Mesin Partai

Terpisah, Partai Aceh pun siap menyukseskan agenda politik 2024. Partai lokal ini bahkan sudah punya target khusus di Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pilkada 2024. “Tentu kita ingin Pilkada hingga Pilpres berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Ketua Umum Partai Aceh, Muzakir Manaf, kemarin.

Mualem -sapaan akrab Muzakir Manaf- mengatakan, untuk arena Pileg 2024, partainya menargetkan bisa menyabet 1 kursi dari setiap daerah pemilihan (dapil). Sebagai upaya mencapai target itu, Partai Aceh kini sudah mulai memperluas jaringan. Mulai dari tingkat desa hingga kabupaten dan kota.

Terkait Pilkada, Muzakir menyebut partainya belum menentukan siapa yang akan diusung dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Aceh 2024. Tapi, Mualem mengaku, siap jika dicalonkan sebagai Cagub Aceh pada Pilkada 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.