Dewan Pers

Dark/Light Mode

Elektabilitas Teratas

Survei Litbang Sin Po: Prabowo Tinggal Tunggu Kompetitor di Pilpres 2024

Selasa, 21 Juni 2022 10:35 WIB
Kepala peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus. (Foto: Ist)
Kepala peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Litbang Sin Po merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas kandidat capres untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul dibandingkan bakal capres lainnya.

Kepala peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus menyampaikan, dari tangkapan survei pihaknya dari variabel elektabilitas, Prabowo meraih 28,1 persen.

Kemudian, disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 19,4 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 14,7 persen.

Berikutnya, ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 5,9 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,5 persen, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 2,8 persen.

Berita Terkait : Emak-Emak NTT Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Selanjutnya, ada Ketua DPR RI Puan Maharani 2,5 persen, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar 1,4 persen, eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 1,3 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 0,8 persen.

"Yang menjawab tidak tahu dan tidak jawab/rahasia dan belum memutuskan sebesar 18,7 persen," ujar Syahrial, dalam keterangannya, Selasa (21/6).

Sementara untuk variabel kedua, dengan melihat permutasi ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden atau presidential threshold 20 persen. Hal ini merujuk komposisi kursi parpol di DPR RI yang berjumlah sembilan.

Dengan demikian, pasangan capres-cawapres yang bisa muncul berkontestasi di Pilpres 2024 maksimal empat paslon. Lantas, siapa yang berpeluang untuk mendapatkan tiket capres?

Berita Terkait : Prabowo: Penting Negara Punya Pemimpin Bijaksana

Menurut Syahrial, saat ini, ada 10 nama yang muncul di publik yang digadang-gadang jadi kandidat capres. Kesepuluh nama itu yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Sandiaga Uno, Puan Maharani, Erick Thohir, Airlangga Hartarto dan Susi Pudjiastuti.

"Dari 10 nama tersebut di atas, nama Prabowo Subianto memiliki peluang paling tinggi untuk bisa mendapatkan tiket capres," ungkapnya.

Ada dua alasan. Pertama, Prabowo adalah Ketua Umum Partai Gerindra. Dan kedua, Gerindra juga hanya membutuhkan koalisi dengan satu parpol untuk bisa mendapatkan tiket capres. Kecuali, koalisi dengan PPP yang masih belum bisa.

Syahrial menambahkan, sosok Menteri Pertahanan itu juga punya keunggulan dengan pengalamannya yang beberapa kali mengikuti Pilpres.

Berita Terkait : Gerindra Metro Lampung Yakin Menangkan Prabowo Di Pilpres 2024

Diprediksi, Prabowo bersama Gerindra tak kesulitan mencari satu parpol untuk berkoalisi. Dari analisis dua variabel di atas, dapat disimpulkan Prabowo saat ini jadi kandidat capres yang paling memiliki peluang dapat tiket capres. Dia juga diyakini punya peluang memenangi kontestasi Pilpres 2024.

"Saat ini, Prabowo Subianto hanya perlu menunggu siapa yang akan menjadi kompetitornya di 2024 nanti," tandas Syahrial.

 

Survei Litbang Sin Po dilakukan pada 20 Mei 2022-3 Juni 2022. Metode yang digunakan dalam survei yaitu multistage random sampling dengan margin of error plus minus 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Sementara jumlah sampel yang dilibatkan dalam survei sebanyak 1.200 responden. ■