Dark/Light Mode

Sindiran Netizen

Enaknya Dapat Gaji Ke-13...

Kamis, 30 Juni 2022 06:30 WIB
Ilustrasi gaji ke-13 PNS. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi gaji ke-13 PNS. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Akun @6undul0h mengatakan, cairnya gaji ke-13 menandakan Pemerintah tidak berpihak kepada rakyat yang saat ini terbebani dengan tingginya harga bahan pokok. “Enaknya mereka dapat gaji ke-13, rakyatnya celaka 12, semua ditang­gung rakyat,” ujarnya.

“Pajak rakyat dinaikkan, gaji ke-13 PNS dicairkan. Rakyat jadi sapi perah,” kata @Y_Yoe01. “Betul rakyat kecekik, nggak mikir yang punya kuasa yang kecil selalu tertindas, semua kebutuhan mahal,” timpal @SriHart92566299.

Akun @indWUrajaya mengatakan, kinerja ASN harus lebih baik lagi dengan cairnya gaji ke-13. Faktanya, pelayannya yang lebih makmur dari majikannya. Di Indonesia, pelayan masyarakat disebut ASN.

Baca juga : Parsindo Targetkan Masuk Senayan, Dapat Menteri & Kepala Daerah

“Semoga jiwa-jiwa melayani mereka juga semakin tinggi, baik dan profe­sional kepada majikannya (masyarakat),” harapnya.

Akun @Y_Yoe01 mengungkapkan, lebih besarnya gaji ke-13 dan tunjangan kerjanya akan semakin membebani masyarakat. Sekarang saja, PPN (Pajak Pertambahan Nilai) bakal dinaikkan menjadi 11 persen.

“Negara sudah banyak utang, PNS dimanjain,” sambung @Zzaeland1. “Pemborosan anggaran Rp 35 triliun hanya untuk menggaji PNS. Daripada cuma buat manjain PNS, lebih baik un­tuk menutup utang negara yang semakin tinggi,” kata @Abd11952220.

Baca juga : SIM Keliling Polda Metro, Hari Ini Hanya Sampai Pukul 10

Akun @FajarSudesi meminta Pemerintah mencabut gaji ke-13. Khususnya bagi ASN yang belum punya anak atau anaknya sudah tidak sekolah. Pencabutan gaji ke-13, demi efisiensi anggaran negara dan akurasi distribusi tunjangan.

“Kalo menurut saya gaji ke-13 dihapus saja, karena tidak semua menikmati,” usul @jengrin.

Lebih baik, kata @jengrin, anggaran untuk gaji ke-13 dialihkan ke bahan bakar atau listrik. Sehingga, semua masyarakat bisa menikmati tanpa terkecuali. Dia bil­ang, ASN selain menerima gaji, juga men­erima gaji tunjangan setiap bulan. “Sudah lebih lebih dari cukup,” ujarnya.

Baca juga : TREN Hadirkan Modem Tanpa SIM Card, Dapat Pujian Bamsoet

Sementara, @lianopasibu menyambut positif pencairan gaji ke-13. Dia berharap, gaji ke-13 berdampak pada pertumbuhan ekonomi walaupun hanya dalam kurun waktu satu bulan.

“Habis itu turun? Mudah-mudahan tidak dipakai untuk beli HP baru, liburan ke negara tetangga, beli peralatan elek­tronik baru,” ujarnya.

Sedangkan, @3tiga_r menegaskan, waktu pencairan gaji ke-13 akan berbeda-beda di setiap daerah. Menkeu tidak pernah bilang bahwa gaji ke-13 PNS cair 1 Juli. “Yang disampaikan beliau adalah bisa dibayarkan bulan Juli, tanggalnya ya 1 sampai 31 Juli,” tegasnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.