Dark/Light Mode

Pandemi Covid Belum Usai

Simak, Rekomendasi Terbaru IDAI Soal Sekolah Tatap Muka, Ventilasi Jangan Diabaikan

Senin, 4 Juli 2022 15:27 WIB
Ilustrasi pembelajaran tatap muka di sekolah (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Ilustrasi pembelajaran tatap muka di sekolah (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid belum usai. Jumlah kasus Covid yang saat ini didominasi varian BA.4 dan BA.5, masih berpotensi naik. Setidaknya, hingga 1-2 minggu ke depan, sesuai perkiraan pemerintah.

Kita semua harus tetap waspada, agar penanganan Covid terus membaik. Kewaspadaan ini juga perlu ditingkatkan, dalam kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM), yang saat ini sudah digelar offline di sekolah.

Terkait hal tersebut, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menerbitkan rekomendasi terbaru soal kegiatan PTM di sekolah di tengah masa pandemi Covid, yang dimutakhirkan pada 20 Juni 2022 dan ditandatangani Ketua Umum IDAI dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) dan Sekretaris Umum Dr. dr. Hikari Ambara Sjakti, Sp.A(K). Berikut rinciannya:

Baca juga : KPK Buka Kembali Layanan Publik Secara Tatap Muka

1. Anak memiliki risiko yang sama dengan dewasa untuk terinfeksi Covid-19, bahkan berpotensi mengalami komplikasi sindrom peradangan multisistem pada anak-anak (MIS-C) dan Long Covid, sehingga pencegahan adalah yang utama.

2. Protokol kesehatan terbukti efektif mencegah berbagai penyakit infeksi, termasuk Covid-19. Sehingga, kebiasaan baik yang terbentuk selama masa pandemi harus dipertahankan. Bahkan semakin ditingkatkan, pada situasi kenaikan kasus.

3. Pemerintah meningkatkan 3T (testing, tracing dan treatment) serta menampilkan data terkini kasus Covid-19 yang terkonfirmasi secara akurat dan transparan, termasuk pada usia bayi dan anak.

Baca juga : Shalat Id Tetap Pake Masker Ya

4. Orangtua dan sekolah berkolaborasi dalam memastikan keamanan dan keselamatan anak, antara lain dengan melakukan testing pada anak dengan gejala Covid-19. Patuh serta disiplin mengerjakan protokol kesehatan, serta tidak membawa anak ke luar rumah apabila ada gejala demam/batuk/pilek/diare.

5. Protokol kesehatan terutama fokus pada:

  1. Penggunaan masker wajib untuk semua orang, yang berusia di atas 2 tahun.
  2. Mencuci tangan.
  3. Menjaga jarak.
  4. Tidak makan bersamaan.
  5. Memastikan sirkulasi udara/ventilasi terjaga.
  6. Mengaktifkan sistem penapisan aktif per harinya untuk anak, guru, petugas sekolah dan keluarganya yang memiliki gejala suspek COVID-19.

6. Mengimbau orangtua untuk tidak membawa anak ke tempat keramaian di masa liburan sekolah, serta mengajarkan anak supaya cakap dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.