Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Shinzo Abe Meninggal, JK Kehilangan Sahabat Dekatnya

Jumat, 8 Juli 2022 21:01 WIB
Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (kiri) saat bertemu dengan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (Foto: Istimewa)
Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (kiri) saat bertemu dengan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Menurut JK, sapaan akrab Jusuf Kalla, kepergian Shinzo Abe merupakan kehilangan besar dunia terhadap seorang tokoh Asia yang selama ini gigih memperjuangkan kerja sama, terutama ekonomi dan menjaga perdamaian kawasan.

Dalam keterangan resmi yang diterima RM.id, Jumat malam (8/7), JK menerangkan, Shinzo Abe tidak saja membawa hubungan Jepang dan Indonesia semakin bersahabat. Dirinya juga secara pribadi memiliki hubungan persahabatan yang hangat dengan mantan Perdana Menteri Negeri Sakura tersebut.

Baca juga : Dubes RI Tokyo: Shinzo Abe Penguat Hubungan Jakarta-Tokyo

JK secara historis memiliki hubungan kerja sama bisnis dengan Jepang. Saat mendampingi Presiden Jokowi di periode 2014-2019, JK beberapa kali melakukan kunjungan kenegaraan bertepatan dengan masa kepemimpinan Shinzo Abe. Karena itu, keduanya makin memiliki kedekatan.

Salah satu pertemuan yang berkesan dengan Shinzo Abe ketika JK menjadi pembicara pada Konferensi Kebencanaan PBB yang diselenggarakan di Sendai, Jepang 14 Maret 2015. Pada konferensi itu, JK menyampaikan pidato yang menyerukan masyarakat internasional untuk membantu Jepang, agar segera keluar dari dampak bencana alam tsunami Fukushima.

Baca juga : Shinzo Abe Kritis Tertembak Tiga Kali, Jantungnya Berhenti

“Jepang adalah negara kaya dan modern tetapi membantu Jepang adalah pertanda solidaritas dunia terhadap setiap negara yang dilanda bencana alam seperti Jepang,” demikian pidato mengesankan JK saat konferensi tersebut berlangsung.

Shinzo Abe tutup usia setelah sempat kritis akibat ditembak warga lokal Nara bernama Tetsuya Yamagami (41), saat kampanye Partai Demokratik Liberal di Prefektur Nara, Jumat (8/7) pukul 11.30 waktu setempat. Insiden mengejutkan itu berlangsung saat  Abe tengah berinteraksi dengan para pendukungnya di Nara, saat kampanye pemilihan anggota Partai Demokrat Liberal Kentaro Asahi menjelang pemilihan Dewan Penasihat LDP pada 10 Juli nanti di Tokyo.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.