Dark/Light Mode

Waspada PMK, Hindari Makan Bagian Ini Ya...

Sabtu, 9 Juli 2022 07:05 WIB
Dokter Hewan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menunjukan sapi yang bergejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada mulutnya yang dijual untuk Qurban saat sidak di lapak pedagang musiman di kawasan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Kamis (07/07/2022). (Foto :  RANDY TRI KURNIAWAN / RM).
Dokter Hewan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menunjukan sapi yang bergejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada mulutnya yang dijual untuk Qurban saat sidak di lapak pedagang musiman di kawasan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Kamis (07/07/2022). (Foto : RANDY TRI KURNIAWAN / RM).

 Sebelumnya 
“Bagian yang dilarang untuk dikon­sumsi adalah favorit bapak-bapak yang kemungkinan besar akan dilanggar,” ujar @Piyemus. “Dibuang sayang,” sa­hut @hary_onches.

Akun @Hannajib bertanya, apa dampak ke tubuh manusia ketika tidak sengaja mengkonsumsi organ tubuh he­wan kurban yang terkena virus PMK?

Baca juga : Penerimaan Negara Dari Cukai Bisa Merosot Karena Ini...

“Tidak ada efek sama sekali. Kalau lebih amannya direbus terlebih dahulu sampai matang,” jawab @akmal_rp.

Akun @indonesiabaik.id menambah­kan. Kata dia, efek langsung ke manusia bila mengkonsumsi organ hewan tersebut masih sebatas kolesterol dan sejenisnya. Yang terpenting, tidak mengkonsumsi secara berlebihan dan tetap diolah den­gan benar.

Baca juga : Mau Jadi Konten Kreator? Perhatikan Beberapa Hal Ini...

“Apa bedanya bibir dan mulut yang merupakan organ hewan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi di tengah wabah PMK,” ujar @Sitinyk.

Akun @Maulanarezapalevi men­jawab. Dia menjelaskan, mulut lebih ke alat saluran pencernaan. Tapi, kalau bibir, bagian luar dari mulut atau untuk menghisap sesuatu.

Baca juga : Mari, Rayakan Idul Adha Dengan Meriah

“Kepada panitia kurban, untuk mencegah wabah PMK jangan satukan daging dan jeroan dalam satu wadah. Harus dipisahkan kantongnya,” saran @kangandribdg.

Akun @SapawargaSby mengatakan, di tengah merebaknya wabah PMK, pemo­tongan hewan kurban dianjurkan dilaku­kan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan dan kesehatan hewan. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.