Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tren Kepuasan Kepada Jokowi Meningkat

Pengamat: Pemerintah Berhasil Jawab Permasalahan Rakyat

Rabu, 13 Juli 2022 17:29 WIB
Emrus Sihombing/Ist
Emrus Sihombing/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia baru-baru ini mengeluarkan hasil survei yang menjelaskan tingkat kepuasan masyarakat terhadap Presiden Jokowi mengalami peningkatan sebesar 67,5 persen.

Menurut data Indikator, alasan utama masyarakat puas terhadap kinerja Presiden Jokowi, yakni pemerintah memberikan bantuan kepada rakyat kecil, membangun infrastruktur, kinerjanya bagus, orangnya merakyat, dan orangnya baik.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai sangat wajar jika kepuasan terhadap Presiden Jokowi meningkat. Pasalnya, Jokowi responsif dan berhasil menjawab permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

“Sangat rasional dan sangat wajar dengan dua alasan tadi, yaitu infrastruktur dan bantuan kepada masyarakat. Coba kita lihat misalnya, minyak goreng. Bukankan Pak Jokowi langsung responsif memberikan bantuan kepada masyarakat kecil akibat lonjakan harga tersebut,” ujar Emrus kepada wartawan, Rabu, (13/7).

Baca juga : Jelang 2024, Persis Ingatkan Pemerintah Atasi Polarisasi Masyarakat

Menurutnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengerti akan kebutuhan masyarakat, sehingga dengan cepat memberikan bantuan langsung yang dapat diterima oleh masyarakat. 

“Jokowi sangat responsif dalam arti memberikan bantuan tunai atau dalam bentuk bantuan-bantuan lain untuk masyarakat kecil . Kita harus akui dan itu dia lakukan selama pemerintahan beliau yang berjalan 7 tahun lebih ini,” ungkap Emrus.

Menurut Emrus, dengan memberikan bantuan yang diterima masyarakat secara langsung, menunjukkan bahwa Jokowi tetap berada di tengah masyarakat.

Selain itu, Emrus juga mengapresiasi terobosan Jokowi dalam pembangunan infrastruktur secara masif di seluruh Indonesia untuk membangun konektivitas antardaerah.

Baca juga : OJK Dinilai Berhasil Jaga Sistem Keuangan Nasional 

Selain itu, Jokowi membuat terobosan di bidang infrastruktur jalan. Jokowi tidak hanya  membangun jalan tol tetapi jalan-jalan antarprovinsi.

Pembangunan infrastruktur, lanjut Emrus, juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dalam hal mobilitas. Baik itu hasil pertanian ataupun produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Emrus berharap, Jokowi terus meningkatkan kinerjanya di akhir periode keduanya, sehingga ke depan tingkat kepuasan itu minimal mencapai di angka 80 persen.

Oleh karenanya, Emrus mendorong para menteri agar fokus bekerja maksimal menjalankan arahan dari Jokowi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca juga : Airlangga Ajak Negara Anggota G20 Bersatu Atasi Permasalahan Global

“Seperti kata Bapak Presiden, fokus bekerja supaya itu mencapai kepuasan publik di semua pelayanan publik. Para menteri harus ngegas sesuai bidangnya masing-masing,” katanya.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.