Dark/Light Mode

Dukung Kebaya Goes To Unesco, PBI Bogor Gelar Jalan Sehat Berkebaya

Jumat, 15 Juli 2022 13:55 WIB
Foto: Dok. PBI Bogor
Foto: Dok. PBI Bogor

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya mendukung gerakan Kebaya Goes To UNESCO yang semakin marak, Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Bogor didukung oleh Pemerintah Daerah Kota Bogor akan mengadakan acara Jalan Sehat Berkebaya pada Sabtu (16/7).

Acara ini akan berlangsung dimulai dari Alun-alun Bogor yang terletak tepat di depan Stasiun Bogor kemudian berjalan menuju Taman Ekspresi melalui Balaikota Bogor.

Baca juga : BKI Dukung Sebaran Bahan Bakar Nol Emisi Di Pelayaran Internasional

Saat audiensi panitia PBI Bogor menyampaikan bahwa acara ini merupakan salah satu dukungan terhadap perkembangan UMKM dengan adanya pemakaian busana daerah dimana mana.

Ketua PBI Bogor Sitawati Ken Utami menjelaskan, minat para perempuan untuk mengikuti acara ini sangat bagus. Sementara itu Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim sangat mendukung acara ini.

Baca juga : Legislator PKB: Kebijkaan Kemasan Pangan Harus Jamin Kesehatan Rakyat

Ia berpesan agar masyarakat turut berperan serta dalam gerakan ini. Ia berharap agar misi utama membawa Kebaya ke Unesco dan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia dari Indonesia bisa direalisasikan secepatnya.

Dukungan juga diberikan Wakil Ketua Dekranasda Kota Bogor Yanti Rachim yang berpesan bahwa Kebaya harus dilestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang.

Baca juga : Pertambangan Ilegal Harus Jadi Perhatian Bersama

Menurutnya, di link pendaftaran peserta sudah lebih dari 250 peserta yang mendaftar dari berbagai komunitas. Peserta yang mendaftar tidak hanya para perempuan yang ada di wilayah Bogor saja, melainkan juga datang dari Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi.

"Pelestarian kebaya ini diharapkan akan mendorong sektor ekonomi dalam pengembangan industri busana di tanah air dan meneguhkan jati diri perempuan Indonesia," ujar Yanti Rachim. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.